Sukses

Penjualan Mobil Listrik di Cina Meningkat, Wuling Tempati Urutan Kedua

Meski secara brand penjualan mobil listrik didominasi BYD, namun kalau bicara model yang paling laris di pasar Cina adalah Wuling yang menjadi rajanya

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah masifnya peluncurkan mobil listrik di Cina, rupanya sebanding lurus dengan hasil penjualan yang dicatatkan dari negara tersebut. Ada peningkatan yang cukup besar di mana berdasarkan data penjualan mobil resmi, persentasenya mencapai 112,3 persen.

Meski untuk periode dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, namun, untuk periode per bulan, mereka mencatat ada sedikit penurunan. Dijelaskan, penurunan tersebut cukup mengejutkan karena berkisar 11,16 persen.

Bicara brand yang menguasai pasar, untuk posisi pertama masih ditempati oleh BYD. Pabrikan ini mengakumulasi penjualan sebanyak 139.119 unit pada Juli 2022 di mana hasil tersebut mengalami peningkatan sekitar 6,93 persen.

Sementara Wuling, berada di peringkat kedua dengan total penjualan 37.695 unit. Penjualan yang diraih oleh pabrikan dengan logo lima berlian tersebut mengalami penurunan 10,87 persen dibandingkan Juni 2022.

Sedangkan GAC Aion, berada di posisi ketiga dengan akumulasi penjualan sebesar 23.104 unit. Torehan tersebut kabarnya mengalami peningkatan sebesar 6,39 persen dibandingkan dari bulan sebelumnya.

Kendati based on brand BYD mendominasi, namun untuk model yang paling laris justru dikuasai oleh Hongguang Mini EV. Mobil listrik mungil ini sukses terjual sebanyak 37.047 unit. Di posisi kedua, ketiga, dan keempat model mobil listrik yang paling laris tetap dikuasai oleh BYD.

Adapun beberapa model tersebut antara lain adalah BYD Yuan Plus dengan total penjualan 17.247 unit, BYD Dolphin EV dengan total penjualan 14.586 unit, dan BYD Han EV dengan akumulasi penjualan 12.219 unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Brio Masih Jadi Primadona, Penjualan Mobil Honda Tembus 1.965 Unit di GIIAS 2022

PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan penjualan sebanyak 1.965 unit selama pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022. Hasil tersebut, lebih tinggi 30 persen dibandingkan penjualan pada ajang yang sama 2021.

Honda Brio menjadi model dengan penjualan terbanyak, sebesar 676 unit atau 35 persen dari total pemesanan pada ajang GIIAS 2022. Sedangkan model lain yang banyak dipesan, adalah all new HRV sebesar 501 unit, dan diikuti all new BR-V sebesar 454 unit.

"Angka yang kami umumkan merupakan angka penjualan yang dilakukan di booth Honda selama pelaksanaan GIIAS 2022, dan telah memenuhi prosedur administrasi dengan booking fee. Hal ini kami lakukan untuk memastikan setiap pesanan konsumen di GIIAS dapat kami penuhi dalam waktu yang lebih cepat, sehubungan dengan kondisi pasokan yang saat ini masih belum stabil," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (23/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.