Sukses

Mengulik KIA Sorento HEV yang Perdana Mejeng di GIIAS 2022

Tak hanya produk yang telah eksis di pasar Indonesia, PT Kreta Indo Artha (KIA) juga memamerkan model lain di GIIAS 2022. Salah satunya adalah KIA Sorento HEV.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya produk yang telah eksis di pasar Indonesia, PT Kreta Indo Artha (KIA) juga memamerkan model lain di GIIAS 2022. Salah satunya adalah KIA Sorento HEV.

SUV tiga baris ini tampil menarik dengan kelir berwarna biru dan berada di tengah booth pameran Kia. Tidak sekedar dipamerkan, Kia sudah membuka pemesanan untuk calon konsumen yang tertarik membawa pulang model ini meski belum diluncurkan secara resmi.

Impresi pertama bertemu Kia Sorento HEV adalah desain yang sangat khas KIA. Ini terlihat dari kehadiran desain Tiger Nose di bagian depan. Lampunya menggunakan teknologi dual projection LED dengan high beam assist.

Tentu dengan DRL LED untuk menambah kesan modern. Ada air intake berukuran besar di bagian bawah grille, menegaskan kesan SUV tangguh.

Bagian sampingnya terlihat tinggi. Ini berkat pelek berukuran 19 inci dengan ban 235/55 R19. Kesan SUV juga hadir dari wheel arch di atas roda yang cukup besar, serta roof rail di bagian atap.

Kesan mewah hadir dari lis kaca dengan sentuhan krom yang diberikan dari bagian depan hingga ke belakang sekaligus mempertegas bentuk besar Sorento ini. Bicara dimensi, panjang Sorento hybrid ini sekitar 4,8 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,69 meter.

Sorento hadir dengan jarak sumbu rodak 2,7 meter serta ground clearence 173 mm. Jadi memang secara fisik, penampakannya cukup besar dan intimidatif.

Bagian belakangnya hadir cukup futuristik, terutama melihat desain stoplamp berukuran besar dengan LED vertikal. Lekuk desainnya cukup kekar dengan logo KIA terbaru dan Sorento juga bagian under garnish berukuran besar. Hadir juga emblem Eco Hybrid sebagai penanda mobil ini termasuk model elektrifikasi Kia.

Masuk ke bagian dalam, kesan premium langsung terasa. Ini berkat penggunaan material kulit Syntex pada seluruh bagian kabin termasuk pada dasbor, trim pintu dan jok. Duduk di bagian kemudi yang pertama dirasakan adalah sudut yang cukup tinggi ke bagian depan kendaraan.

Selain itu area kaca depan juga memberikan pandangan yang luas meski perlu pengujian di jalan terkait sisi kiri dan kanan pilar A yang cukup tebal.

Soal desain dasbor Sorento HEV ini juga mengingatkan pada bentuk dasbor produk SUV Kia lainnya. Hadir dengan bagian penumpang yang minim ornamen, fokus desain diberikan pada bagian pengemudi.

Perhatian utama jelas pada kehadiran layar berukuran besar yakni 12,3 inci di depan pengemudi alias meter cluster serta 10,25 inci sebagai head unit dengan kemampuan layar sentuh.

Sisi hiburannya hadir dengan sound sytem Bose 12 speaker di seluruh kabin yang sayang pada impresi ini belum bisa didengar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur dan Harga

Pada impresi awal ini, kenyamanan dalam kabin layak disebut mobil keluarga. Ini berkat kehadiran beragam ruang penyimpanan, delapan port USB untuk pengisian daya, wireless charging, AC auto dengan pengaturan dual zone serta pengaturan bangku yang bisa disesuaikan dengan beragam kebutuhan. Masih ada panoramic sunroof berukuran besar yang menambah kesan lapang dan mewah dalam kabin Sorento.

Duduk di baris kedua termasuk cukup nyaman. Hadir dengan desain captain seat, penumpang serasa menjadi tamu VIP. Ruang kepala, dan kaki sangat lapang dengan pengaturan jok untuk menemukan kenyamanan yang leluasa.

Pada baris ketiganya terhitung cukup nyaman, tentu dengan ruang untuk kaki harus berkompromi dengan penumpang baris kedua. Sandaran jok baris ketiga juga tidak terlalu tegak, yang sepertinya masih bisa ditempati dengan nyaman untuk perjalanan jauh.

Bicara soal keamanan, Sorento HEV hadir dengan enam buah airbag dan fitur advance driver asisstance system (ADAS). Fitur ini terdiri dari smart cruise control, lane following assist, lane keeping assist, blind spot collision avoidance assist, blind spot view monitor, safe exit warning, manual speed limit assist, serta forward collision avoidance assist.

Beranjak ke spesifikasi mesin. Sorento HEV hadir dengan mesin SmartStream G1.6 T-Gdi, CVVD 4 silinder segaris berkapasitas 1.6 liter turbocharger. Mesin ini menghasilkan diklaim menghasilkan tenaga 179 ps dan torsi 264 Nm.

Sistem hybrid pararel Sorento HEV ini juga menghadirkan motor listrik sebagai penggerak dengan daya 44 kW dan menggendong baterai lithium ion berkapasitas 13 kWh. Ini membuat kombinasi tenaganya mencapai 230 PS dan torsi 350 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis 6 percepatan.

Bagi yang berminat, perkiraan harga Sorento HEV ada di angka Rp900 jutaan. Pihak Kia mengungkapkan kemungkinan model ini akan hadir secara resmi di semester pertama 2023. Jadi kita tunggu saja apakah model ini akan benar menyapa di jalan utama Indonesia.

Sumber: Oto.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.