Baru Meluncur di GIIAS 2022, Filter Udara Aftermarket New Suzuki Baleno Sudah Tersedia

Oleh Amal Abdurachman pada 19 Agu 2022, 11:03 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 11:03 WIB
Booth filter Ferrox di GIIAS 2022 (ist)
Perbesar
Booth filter Ferrox di GIIAS 2022 (ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Baleno dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Kamis, 11 Agustus 2022 lalu. Meskipun berstatus mobil baru, Ferrox rupanya sudah menawarkan filter udara khusus untuk Suzuki Baleno.  

 

Sedangkan untuk filter udara sepeda motor, Ferrox menghadirkan untuk Yamaha Fazzio dan Honda ADV 160. Filter udara yang diklaim bisa bertahan seumur hidup ini sudah bisa didapatkan konsumen di ajang GIIAS dengan harga Rp 850 untuk Suzuki Baleno, sementara untuk Yamaha Fazzio di tawarkan dengan harga Rp 600 ribu.

“Spesial untuk pembelian Ferrox selama pameran GIIAS yang berlokasi di hall 9 Blok D 12, selama pameran berlangsung bisa mendapatkan diskon hingga 90%, ditambah beragam merchandise edisi GIIAS 2022,” kata Andy Hasten, Marketing Manager Primes Asia selaku distributor Ferrox di Asia.

Selain diskon tambahan beragam merchandise, konsumen bisa mendapatkan Ferrox dengan cicilan bunga 0% yang didukung lebih dari 11 bank dan lembaga pembiayaan untuk cicilan 30 hari hingga 24 bulan.

Filter udara Ferrox terbuat dari stainless steel 304 Jepang yang diproduksi di Thailand memiliki kerapatan anyaman yang diklaim sanggup menyaring kotoran hingga 45 mikron. Pada bagian frame / bingkai menggunakan karet yang memiliki elastisitas, berfungsi menjadi perapat udara untuk mencegah terjadinya kebocoran. Guna menambah kenyamanan pelanggan (peace of mind), produk Ferrox dilengkapi dengan garansi selama 6 (enam) bulan sejak pembelian jika terdapat cacat produksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengenal Jenis Filter Udara dan Cara Merawatnya

Perawatan kendaraan tidak hanya sebatas pada sektor mesin maupun menjaga agar tampilan luar maupun kabin mobil selalu bersih. Komponen lain juga harus diperhatikan. 

Salah satu bagian yang tak boleh luput dari pemeriksaan adalah filter udara yang berfungsi menyaring debu dan partikel kotoran sangat halus ke dalam mesin mobil.

Dikutip dari Wuling, penyaringan dilakukan agar kotoran tidak masuk ke ruang pembakaran. Seiring berjalannya waktu, debu dan partikel kotoran yang tersaring akan menumpuk dan menyumbat pori-pori filter.

Ada tiga jenis bahan yang digunakan filter udara mobil, yaitu kertas, busa, dan kain. Filter kertas merupakan jenis yang banyak digunakan dan diproduksi pabrikan.

Daya saring filter jenis ini sangat baik, karena bisa menyaring partikel debu sangat kecil.

Jenis filter kedua adalah busa atau foam sebagai elemen saring. Filter ini sering disebut wet foam filter karena penggunaanya membutuhkan oli untuk menangkap kotoran yang berukuran sangat kecil. Sayangnya, filter ini berumur pendek.

Ketiga adalah filter berbahan kain. Bahan kain ini juga terkenal sangat baik untuk menyaring kotoran dan sangat mudah dibersihkan.

Kelebihan utama dari filter jenis ini adalah umur pakai yang sangat panjang karena bisa dipakai berulang-ulang.

Filter pun harus sering diganti setiap menempuh jarak 30 ribu-40 ribu km. Jika sering melewati jalan berdebu, sebaiknya filter diganti setiap 20 ribu-25 ribu km.

Harga filter mobil cukup bervariasi tergantung dari bahannya. Pada umumnya harga filter dengan bahan kertas berkualitas baik berkisar Rp100 ribu-Rp200 ribu, yang berbahan busa kualitas baik Rp200 ribu-Rp350 ribu, dan kain Rp300 ribu-Rp450 ribu.

Harga filter kain lebih mahal daripada yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh kualitasnya yang jauh lebih baik daripada kertas dan busa.

Saat memilih filter, ingat yang diperhatikan adalah kualitasnya, bukan harga. Jangan sampai tertipu dengan harga murah, tapi kualitasnya mengecewakan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru
Perbesar
Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya