Pidato Sidang Tahunan MPR, Jokowi: Indonesia Produsen Kunci Rantai Pasok Baterai Litium Global

Oleh Lizsa Egeham pada 16 Agu 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 12:15 WIB
Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat tiba di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Sementara itu, Ibu Iriana tampil anggun dengan mengenakan kebaya berwarna pink lengkap dengan hijab berwarna senada dilengkapi kain batik berwarna cokelat. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo membeberkan sejumlah capaian-capaian yang diraih pemeritahannya dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI 2022. Salah satunya, Jokowi menyampaikan banyaknya produsen mobil listrik dari berbagai negara yang berinvestasi di Indonesia.  

"Sekarang ini, Indonesia telah menjadi produsen kunci dalam rantai pasok baterai litium global. Produsen mobil listrik dari Asia, Eropa, dan Amerika ikut berinvestasi di Indonesia," ujar Jokowi di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Menurut Jokowi, Indonesia mempunyai kesempatan besar untuk membangun negara yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan. Pertama, dengan hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam yang harus terus dilakukan.

"Hilirisasi nikel, misalnya, telah meningkatkan ekspor besi baja 18 kali lipat. Tahun 2014, hanya sekitar Rp 16 triliun, tapi di tahun 2021 meningkat menjadi Rp 306 triliun. Di akhir tahun 2022 ini, kita harapkan bisa mencapai Rp 440 triliun. Itu hanya dari nikel. Selain penerimaan pajak, devisa negara juga naik, sehingga kurs rupiah lebih stabil," ungkap Jokowi.

Setelah nikel, sambung Jokowi, pemerintah juga akan mendorong hilirisasi bauksit, hilirisasi tembaga, dan timah. "Kita harus membangun ekosistem industri di dalam negeri yang terintegrasi, yang akan mendukung pengembangan ekosistem ekonomi hijau dunia."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penghasil Produk Hijau yang Kompetitif

Jokowi
Perbesar
Presiden Jokowi menggunakan baju adat Paksian dari Bangka Belitung saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR-DPD RI di Gedung Parlemen Jakarta. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Selain hilirisasi, Jokowi melanjutkan, optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau harus terus ditingkatkan. Persemaian dan rehabilitasi hutan tropis dan hutan mangrove, serta rehabilitasi habitat laut, akan terus dilakukan, dan akan menjadi potensi besar penyerap karbon.

"Energi bersih dari panas matahari, panas bumi, angin, ombak laut, dan energi bio, akan menarik industrialisasi penghasil produk-produk rendah emisi. Kawasan industri hijau di Kalimantan Utara akan menjadi Green Industrial Park terbesar di dunia," kata Jokowi.

"Saya optimistis, kita akan menjadi penghasil produk hijau yang kompetitif di perdagangan internasional."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Infografis Mobil Kepresidenan RI

Infografis Mobil Kepresidenan RI
Perbesar
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya