Sukses

Alva One Disebut Mirip Motor Listrik Asal Spanyol, IMG: Bukan Rebranding

Menggebrak panggung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan motor listrik Alva One.

Liputan6.com, Jakarta - PT Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan motor listrik Alva One dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022. Model ini, diklaim bukan sebagai rebranding dari merek lain alias hanya ganti logo.

Namun, jika melihat desainya, Alva One ini, sangat mirip dengan motor listrik asal Spanyol, Arena VT3.

Rainier Haryanto, Managing Director IMG menjelaskan, konsep dari dari Alva One ini merupakan kolaborasi. Sehingga, ketika ada kemiripan dengan motor lain, memang tidak menutup kemungkinan bisa terjadi.

"Prinsip kita kan kolaborasi ya, pasti ada bagian-bagian yang sama dan mirip," ujar Rainier Haryanto, di gelaran GIIAS 2022, Senin (16/8/2022).

Lanjutnya, kehadiran Alva One ini, sekali lagi bukan sebuah hasil dari rebranding dengan motor lainnya. Kendaraan ini merupakan hasil kolaborasi, hanya saja produk ini sudah dirakit secara lokal.

"Itu bukan rebranding ya. Kalau rebranding kan, kita tidak mungkin berani ngomong Alva One," tegasnya.

Sementara itu, dalam laman resmi Arena VT3, motor listrik tersebut merupakan skuter perkotaan yang setara dengan motor bensin berkapasitas 125cc. Dengan jantung penggerak tersebut, motor ini mampu menghembuskan daya hingga 7,6 tk dengan baterai lithium-ion 2,7 kWh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemiripan 2 motor listrik

Kemiripan desain dari dua motor listrik tersebut, yaitu Alva One dan Arena VT3 adalah penggunaan lampu LED di bagian depan, dan desain bodi yang gambot layaknya Honda PCX. Selain itu, bagian pelek juga menggunakan ring 14 yang disebut memperkuat kesamaan dari tampilan dua motor listrik tersebut.

Dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport motor ini menawarkan sensasi bermotor yang menyenangkan.

Setiap modenya memberikan performa yang efektif sesuai dengan tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam.

Dibekali dengan torsi 46,5 Nm dan kecepatan yang tinggi, motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sesuai dengan kebutuhan pengendara, dan mampu menempuh jarak tempuh sejauh 70 km dengan pengisian sekitar 4 jam.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.