Cara Kerja Fitur Keselamatan AYC pada Mitsubishi Xpander Cross Terbaru

Oleh Amal Abdurachman pada 16 Agu 2022, 14:07 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 14:22 WIB
New Mitsubishi Xpander Cross di GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazarudin Ray)
Perbesar
New Mitsubishi Xpander Cross di GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan new Xpander Cross pada ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022. Mobil keluarga andalan Mitsubishi ini mendapatkan pembaruan dari segi eksterior serta dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru.

Salah satu fitur keselamatan yang menarik untuk dilirik adalah sistem pengereman AYC (Active Yaw Control), yang meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan. Sistem ini untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin. 

Menurut Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, AYC adalah sistem keselamatan berjenjang. "Jadi biasanya entry level pasti rem ABS, nomor dua TC atau ASC (Active Stability & Traction Control), setelah itu mobil yang kelasnya ada di atas, ada sistem berjenjang yakni AYC ini yang kita punya di mobil Mitsubishi," ungkap Rifat.

ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihatan agak selip, putaran mesin dikurangi. Tapi ketika mobil sudah di jalurnya dan tetap melaju kencang, maka AYC bekerja. 

"Terdapat empat variabel yang dibaca, yaitu melalui wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem. Empat-empatnya bekerja bersamaan. Ini advanced sekali, setiap ASC mobil bekerja pasti mobil kecepatannya lebih pelan, setelah itu dia akan berpikir lama setelah gripnya. Begitu dengan AYC kecepatan akan disesuaikan degan putaran mesin, putaran palang kemudi. Mobil ini akan menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi," pungkas Rifat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Alasan Mitsubishi Belum Gunakan ADAS pada New Xpander Cross

Mengikuti gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan versi penyegaran dari Xpander Cross. Model ini, mendapatkan beragam ubahan, mulai dari desain eksterior yang lebih agresif dan dilengkapi fitur terkini.

Dari segi fitur keselamatan, New Xpander Cross disematkan sistem pengereman AYC, yang meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan. Sistem ini untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

Namun, model andalan dari pabrikan berlambang tiga berlian ini belum menggunakan teknologi ADAS atau Advanced Driver Assistance Systems. Padahal, berbagai model baru dari merek lain sudah menggunakan fitur keselamatan tersebut.

Director of Sales and Marketing Divison PT MMKSI, Irwan kuncoro mengatakan, Xpander Cross sejatinya memiliki unique selling point tersendiri. Artinya, model ini menawarkan beragam keunggulan, yang memang tidak ada di kompetitor.

"Bukan berarti, kalau kompetitor adopsi ADAS, maka kami harus lebih dari itu. Akan tetap, harus melihat kebutuhan konsumen. Jadi, kami betul-betul consider dalam hal ini," ujar Irwan, saat ditemui di booth Mitsubishi GIIAS 2022, di ICE, BSD, Tangerang, Banten.

Selain itu, Irwan mengatakan, yang menjadi pertimbangan dari produk Mitsubishi, adalah keunikan apa yang ditawarkan ke konsumen.

"Jadi, yang penting adalah bagaimana memenuhi kebutuhan nyata dari konsumen," tegasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya