Xiaomi Uji Coba Jalan 140 Mobil Listrik Tanpa Pengemudi di Seluruh Cina

Oleh Liputan6.com pada 13 Agu 2022, 06:06 WIB
Diperbarui 13 Agu 2022, 06:06 WIB
Teaser mobil Xiaomi
Perbesar
Teaser mobil Xiaomi (gizchina.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 140 mobil listrik buatan Xiaomi sedang diuji coba untuk mengemudi secara otonom di seluruh Cina. Xiaomi Corp telah mengumumkan pada 2021 akan memasuki sektor kendaraan listrik yang kompetitif dan menantang merek mapan dan perusahaan teknologi yang lebih muda.

CEO Xiaomi Corp, Lei Jun mengatakan, perusahaannya memiliki 500 staf yang dikhususkan hanya untuk mengembangkan teknologi mengemudi otonom untuk mobil listrik yang akan datang dan telah menempatkan 3,3 miliar yuan untuk inisiatif tersebut.

Pada acara Xiaomi yang disiarkan langsung, Lei juga meluncurkan robot humanoid yang dijuluki CyberOne, dengan berat 52 kg dan tinggi 177 cm, meskipun belum siap untuk diproduksi massal.

Lei Jun mendirikan Xiaomi pada tahun 2010 dan dengan cepat mengubahnya menjadi salah satu merek ponsel pintar Android terlaris. Pada 2021, Lei mengumumkan bahwa Xiaomi akan memasuki pasar kendaraan listrik, sebuah terobosan yang katanya akan menandai upaya kewirausahaan besar terakhirnya.

Xiaomi berkomitmen untuk membawa mobil listrik ke produksi massal pada paruh pertama tahun 2024. Awal tahun ini perusahaan memulai pembangunan pabrik mobil pertamanya di Beijing.

Saat ini banyak perusahaan Cina lainnya berinvestasi dalam teknologi mengemudi otonom, termasuk raksasa ridehailing Didi Global dan penyedia mesin pencari Baidu Inc. Awal pekan ini, Baidu menjadi perusahaan pertama di Cina yang mendapatkan izin untuk mengoperasikan taksi tanpa pengemudi di jalan terbuka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Titik Terang Mobil Listrik Xiaomi

mobil listrik Xiaomi
Perbesar
xiaomiworld.com

Kabar mengenai produsen smartphone Xiaomi yang akan meluncurkan mobil listrik, akhirnya perlahan mulai menemui titik terang. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Sina.cn, mereka mulai membuka sedikit demi sedikit perihal spesifikasinya.

Dari informasi tersebut, mobil listrik Xiaomi ini akan menampilkan sisi futuristiknya. Hadir dengan bodi yang ramping ditambah dengan desain lampu depan dan belakang yang eksentrik, membuat tampilannya sederhana namun tetap modern.

Di samping itu, berdasarkan informasi yang dilansir laman tersebut, stylingnya akan mengusung desain fastback coupe. Terlihat dari lekukan tersebut lebih dinamis dan natural serta sejalan dengan segmentasi pasar untuk para anak muda.

Secara dimensi, untuk panjang mobil Xiaomi ini dibekali dengan panjang 4.890 mm, lebar 1.890 dan tinggi 1.457 mm serta sumbu roda 1.890 mm. Para engineer Xiaomi ini telah menciptakan garis bodi yang ramping.

Bicara mengenai spesifikasinya, mobil yang kabarnya akan menggunakan tegangan tinggi 800 volt dan diklaim menjadi yang paling canggih. Sementara untuk baterainya, mereka telah menyiapkan baterai solid-state berkapasitas 150 kWh dan mampu menempuh jarak sejauh 1.200 kilometer.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya