Sukses

Generasi Terbaru Toyota Vios Debut di Thailand, Ubahannya Signifikan

All new Toyota Yaris Ativ resmi meluncur di Thailand. Sedan yang di Indonesia dikenal sebagai Vios itu mengalami perubahan signifikan

Liputan6.com, Jakarta - All new Toyota Yaris Ativ resmi meluncur di Thailand. Sedan yang di Indonesia dikenal sebagai Toyota Vios itu mengalami perubahan signifikan. 

Noriaki Yamashita, Presiden Toyota Motor Thailand Co., Ltd menjelaskan, sejak perkenalan perdana 2017 silam, Yaris Ativ selalu menargetkan menjadi mobil yang terjangkau secara harga, efisien dalam konsumsi bahan bakar dan reliabel lewat kualitas produksi.

Sedan ini di Negeri Gajah Putih menjadi yang terdepan dalam penjualan sedan subcompact dengan total 133.000 unit sejak debutnya.

All New Yaris Ativ menggunakan mesin Dual VVT-iE 1.2 liter 4 silinder DOHC yang menghasilkan tenaga maksimal 94 hp di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm di putaran 4.400 rpm.

Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT-i dengan sequential shift. Selain itu, sedan ini menyediakan mode berkendara yang bisa dipilih yakni Eco, Normal dan Sport. Di atas kertas, Yaris Ativ terbaru memiliki catatan konsumsi bahan bakar 23,3 km/liter.

Soal desain eksterior, Yaris Ativ memberikan penyegaran menyeluruh. Terutama penggunaan profil fastback yang populer di merek-merek Eropa. Toyota mengungkapkan penggunaan desain ini membuat Yaris Ativ lebih aerodinamis.

Sisi modernnya terlihat dari penggunaan lampu LED headlamp dan stoplamp. Lampu seinnya sudah sequential yang membuatnya tampil lebih futuristik. Soal kaki-kaki, sedan ini menggunakan pelek 16 inci two tone dengan rem cakram ada di depan dan belakang. 

Masuk ke dalam kabin, Yaris Ativ menyajikan kesan sporty dan mewah lewat penggunaan bahan kulit pada jok dengan jahitan merah. Penggemar soft-touch bisa mendapatkan kesan mewah pada beberapa bagian interior sedan terbaru ini.

Paling menarik adalah kehadiran ambient light dengan 64 pilihan warna yang ada di area konsol tengah, atas serta panel pintu depan. 

Perhatian utama juga tertuju ke head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Pengaturan AC hadir otomatis dengan tombol premium dan sudah dilengkapi filter debu PM2.5.

Meter clusternya hadir dalam layar TFT digital 7 inci yang menghadirkan beragam informasi kendaraan. Lingkar kemudinya dibalut kulit dengan jahitan berwarna abu-abu.

Beberapa fitur lainnya adalah electric parking brake dengan automatic braking system, Push Start button, AC untuk baris kedua, serta power soket USB di baris depan dan belakang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur Lainnya

Toyota juga memberikan fitur Safety Sense kepada Yaris Ativ. Terdapat lane departure alert dengan automatic pull back steering wheel, pre collision system, pedal misoperation control, front departure alert dan all speed adaptive cruise control.

Fitur pengamanannya berupa sistem pengereman ABS EBD dan BA, vehicle stability control, blind spot monitor, rear cross traffic alert serta sensor peringatan di depan dan belakang.

Masih ada hill start assist control, panoramic view monitor, follow me home light, remote key dengan immobilizer dan kamera perekam depan. Keamanan lainnya hadir dari enam airbags SRS di depan, samping dan tirai, serta struktur bodi GOA.

Vios atau Yaris Ativ terbaru ditawarkan dalam beberapa warna. Ada new orange spicy scarlet, white super white, silver metal stream, gray urban metal, red mica metallic, attitude black mica, pearl white platinum white pearl.

Sedan terbaru ini punya empat varian. Sport sebagai yang terendah, Smart, Premium dan Luxury. Harganya ditawarkan mulai 539.000 baht atau sekitar Rp225 jutaan hingga Rp289 jutaan.

Kehadiran Toyota Yaris Ativ ini cukup menarik di tengah produksi Toyota Vios di Indonesia yang kemarin sempat diisukan stop produksi.

Pembaruan sedan subcompact ini diharapkan tiba di Indonesia di tengah banyaknya model sedan subcompact yang mulai hadir. Banyaknya model sedan kecil ini memanfaatkan pajak yang sudah berubah ke pajak emisi. Harapannya, Toyota bisa bersaing setelah sekian lama menawarkan Vios di Indonesia.

Sumber: Oto.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini