Empat Cara Perbaiki Door Lock Mobil Bermasalah

Oleh Arief Aszhari pada 10 Agu 2022, 20:04 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 20:04 WIB
Kiat Atasi Central Door Lock yang Malfungsi
Perbesar
Lalu bagaimana jika fitur ini kehilangan fungsinya secara tiba-tiba? Berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi keselamatan di mobil terus meningkat pesat. Banyak pabrikan yang sudah menjadikan fitur keselamatan sebagai standar, seperti door lock.

Namun, ada kalanya door lock mengalami kerusakan yang tiba-tiba, maka perlu diketahui cara melakukan perbaikan atau penanganan daruratnya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan door lock pintu mobil rusak.

Umumnya, kerusakan yang terjadi pada door lock pintu mobil adalah akibat putusnya kawat penghubung yang ada di dalamnya.

Berikut cara memperbaiki door lock, seperti disitat dari laman resmi Auto2000:

1. Memeriksa Kawat Penghubung

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab door lock pintu mobil rusak bisa jadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus. Maka dari itu, harus memeriksa bagian kawat dengan cermat.

Jika ada bagian kawat yang putus, solusinya adalah harus menggantinya dengan kawat yang baru.

Kawat penghubung yang putus ini sebenarnya bisa diganti sendiri. Untuk menemukan kawat dengan jenis yang sama, pemilik harus membawa kawat yang putus tersebut ke bengkel resmi dari mobil Anda.

Namun, jika kawat penghubung yang hanya terpotong di bagian ujungnya, Anda bisa regangkan sedikit agar bisa dipasang pada baut.

2. Pemeriksaan Sekring

Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak selanjutnya adalah dengan memeriksa sekringnya. Untuk melakukan hal tersebut, dibutuhkan multimeter atau alat pengukur tegangan listrik.

Agar door lock pintu mobil dapat bekerja dengan baik, tegangan listrik harus dapat mengalir dengan baik pula.

Jika sekring mengalami kerusakan seperti aliran yang tersalurkan tidak optimal, maka door lock pintu mobil tidak akan berfungsi. Untuk menangani hal ini, sebaiknya AutoFamily menyerahkannya kepada tenaga profesional saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Periksa Bagian Modul

Salah satu elemen penting yang menunjang pengoperasian door lock pintu mobil adalah bagian modul. Elemen ini mengontrol proses pembukaan atau penguncian pintu mobil secara otomatis.

Jika elemen modul tidak berfungsi dengan baik, maka door lock pintu mobil tidak akan berfungsi dan harus segera diperbaiki.

Namun, jika remote mobil masih bisa dioperasikan, artinya masih ada aliran listrik yang mengalir pada mobil. Artinya, masalah door lock pintu mobil bukan pada modulnya. AutoFamily dapat memeriksa bagian lagian untuk memperbaikinya.

4. Periksa Suku Cadang Motor Penggerak

Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak adalah dengan memeriksa motor penggerak. Bagian ini dapat secara otomatis menarik kunci pintu, ketika dioperasikan untuk mengunci, akan muncul magnet yang kemudian mengunci pintu mobil karena plunger ditarik oleh magnet.

Jika bagian ini rusak, jelas pintu mobil tidak akan dapat terkunci dengan baik. Maka dari itu, Anda harus melakukan pemeriksaan secara berkala untuk menghindari terjadinya hal tersebut.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya