Road Trip Nyaman dan Berkesan, Ini Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Anda!

Oleh Gilar Ramdhani pada 18 Agu 2022, 19:04 WIB
Diperbarui 22 Agu 2022, 15:04 WIB
Road Trip Nyaman dan Berkesan, Ini Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Anda!
Perbesar
Ilustrasi keluarga bahagia liburan bersama. (Shutterstock/CandyRetriever)

Liputan6.com, Jakarta Perubahan perilaku masyarakat Indonesia akibat pandemi membuat road trip atau melakukan perjalanan darat dengan kendaraan pribadi menjadi tren. Selain lebih fleksibel dan murah, road trip bareng teman, keluarga, serta orang terkasih juga memberikan pengalaman yang mengesankan. Dengan mobil, bisa bebas bepergian, tanpa perlu takut dikejar-kejar waktu.

Mengingat jumlah penumpang yang tidak sedikit dan mungkin daftar barang yang banyak, maka tidak bisa asal dalam memilih mobil. Jenis city car tentu kurang ideal, meskipun memungkinkan bila hanya Anda dan pasangan. Agar lebih nyaman menempuh perjalanan jauh dan menikmati road trip, mobil jenis  Low Sport Utility Vehicle (LSUV) atau Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan 7-seater menjadi pilihan terbaik.

Menariknya, peminat LSUV di Indonesia semakin tumbuh, bahkan menjadi segmen terlaris mengungguli MPV. Selain mampu memuat tujuh penumpang, alasan pemilihan mobil jenis LSUV karena mobil ini identik dengan eksterior dan interior yang lebih Eyes-catching, karakteristik ground clearance tinggi, sehingga mudah melibas berbagai macam jalan. Salah satunya adalah All New Honda BR-V yang baru-baru ini meraih penghargaan “Car of The Year” di ajang OTOMOTIF Award 2022.

All New Honda BR-V terdiri dari empat varian, yakni All New Honda BR-V tipe S, tipe E (transmisi M/T dan CVT), All New Honda BR-V Prestige, All New Honda BR-V serta Prestige with Honda Sensing. Semua varian All New Honda BR-V memiliki  semua unsur yang memberikan pengalaman road trip jadi lebih berkesan dan menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Interior Nyaman, Ergonomis dan Modern

Honda Resmi Hadirkan All New BR-V dengan Fitur Canggih (Ist)
Perbesar
Honda Resmi Hadirkan All New BR-V dengan Fitur Canggih (Ist)

Umumnya road trip menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer, sehingga Anda membutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa sampai tujuan. Misalnya dari Jakarta ke Bandung (+2,5 jam) , Jakarta ke Semarang (+6 jam), Jakarta ke Solo (+7 jam), Jakarta ke Yogyakarta (+8 jam), atau bahkan Jakarta ke Bali (+18 jam). Dengan jarak yang jauh dan waktu tempuh yang lama, kenyamanan mobil tentu menjadi faktor paling penting saat melakukan road trip.

Bagi driver yang harus bisa selalu fokus dan tetap rileks mengemudi. Kemudian para penumpang yang harus betah duduk lama di kursinya masing-masing (kursi depan, tengah dan belakang) dengan ragam kegiatan. Mulai dari makan dan minum, mengobrol, mendengarkan musik hingga memenuhi kebutuhan anak-anak.

All New Honda BR-V menawarkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang melalui berbagai fitur dan fungsionalitas terbaiknya. Seperti ruang kokpit yang memanjakan pengemudi dan penumpang baris pertama. Kemudian joknya yang sekarang dirancang ala semi bucket dengan busa empuk dan dibalut sintetis warna gelar dari kuris baris pertama hingga ketiga. Selain itu, joknya dilengkapi dengan sandaran lengan dari konsul tengah yang dibuat lebih tinggi.

Sebagai LSUV, mobil ini memiliki ruang yang cukup lega untuk kepala dan kaki sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang saat road trip dengan jarak yang jauh dan butuh waktu lama. Bilamana jok baris ketiga direbahkan, Anda akan melihat ruang bagasi yang lebih lega dibandingkan model sebelumnya.

All New Honda BR-V.
Perbesar
Kabin All New Honda BR-V. (Arief A/Liputan6.com)

Jurnalis otomotif, Syakur Usman yang menjajal All New Honda BR-V tipe Prestige CVT with Honda SENSING dengan perjalanan dari Jakarta menuju Solo, mengaku suka dengan interior All New Honda BR-V.

"Kesan pertama, saya suka interior All New Honda BR-V varian tertinggi ini. Cenderung maskulin dengan dominan warna hitam termasuk bagian atapnya. Materialnya juga baik dengan pengerjaan yang presisi. Kelihatan interior dan kabinnya lebih baik dibandingkan kompetitornya. Posisi jok bisa ditinggikan dengan knob di samping dari jok yang berselimut kulit sintetis hitam ini. Desain jok ergonomis dan nyaman di badan," tulis Syakur Usman dikutip dari Merdeka.com

Kesan ergonomis makin terpancar dari penataan ragam tombol fungsi kendaraan yang mudah dijangkau oleh tangan. Pengemudi bisa mudah mengatur audio, ponsel sampai akses Honda Sensing pada lingkar kemudi hanya dengan ibu jari.

"Menyalakan Low SUV ini sudah modern, cukup menekan tombol start/stop engine. Bahkan bisa dilakukan dari jauh, saat Anda berada di luar mobil, dengan menggunakan smart key. Keren ya!," sebut Syakur.

Interior All New Honda BR-V makin memanjakan mata berkat layout audio dan AC yang mengusung konsep digital sehingga berikan kesan mewah. Ditambah lagi balutan kulit yang membungkus lingkar kemudi dengan kelir senada dashboard.


Tangguh dan Handal untuk Road Trip Berbagai Medan

Jajal All New Honda BR-V (Ist)
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Ist)

Performa mobil menjadi faktor penting untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan selama road trip. Mengingat medan yang dihadapi tak melulu jalan datar dan lurus, sering kali melewati jalanan berkelok, menanjak, kontur jalan yang bergelombang dan kasar serta jalan sempit sehingga harus berhati-hati ketika berpapasan maupun berbelok.

Generasi terbaru dari Honda BR-V menawarkan kehandalan di berbagai medan. Bukan hanya cocok menjadi partner sehari-hari untuk menghadapi lalu lintas kota, tapi juga road trip bersama keluarga maupun komunitas. Saat menjajal pertama kali All New Honda BR-V dari tol dalam kota Jakarta menuju tol Cipali, Syakur mengaku nyaman memacu generasi terbaru dari Honda BR-V ini. Ia lantas menyoroti mesin dan tenaga mobilnya.

Menurutnya, mesinnya memang tidak langsung merespons begitu kita menginjak pedal gas lebih dalam. Honda mengaku mesin 1.5L i-VTEC generasi kedua BR-V ini diperbarui sehingga ada penambahan tenaga menjadi 121 ps per 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm per 4.300 rpm. Di putaran bawah, mesin slow merespons posisi pedal gas. Namun, memasuki 2.500 rpm ke atas, tenaga mesin cukup "menyalak".

"Saat itulah saya mencoba menjajal top speed-nya. Akselerasi menuju 100 km per jam cukup cepat, meski terasa smooth," kata Syakur yang memaklumi hal tersebut, lantaran mobil ini menggunakan transmisi CVT yang dikenal "mengurut giginya" saat mobil hendak dipacu.

Saat kondisi di jalan tol aman, Syakur yang bersama dua jurnalis lain memacu hingga 140 km per jam. "Stir tidak enteng, masih cukup mantap di kecepatan tinggi. Stabilitasnya juga masih baik.

"Di atas kecepatan itu (140 km), kami tidak rekomendasikan. Keselamatan di jalan tetap yang utama. Jadi di jalan bebas hambatan, Low SUV ini cukup gesit dan nyaman. Suspensi yang lebih rigid juga membuat mobil ini mudah dikendalikan. Cukup "nurut" dengan keinginan pengemudi," jelas Syakur.

Ketika dipacu kencang, Syakur mengaku kesenyapan kabin All New Honda BR-V terasa baik. Suara-suara dari luar minim masuk. "Memang suara mesin sedikit masuk saat dipacu. Tapi bila kecepatan Anda stabil, nyaris tiada suara yang mengganggu masuk ke dalam kabin,” sebutnya.

Lebih lanjut Syakur menambahkan soal performa-nya di jalan dalam kota dan berkelok-kelok, All New Honda BR-V juga cukup baik.

"Visibilitas pengemudi baik dengan blind spot yang minim. Body roll-nya juga sangat minim. Ada fitur Honda LaneWatch, yang menampilkan gambar kondisi kendaraan bagian kiri di headunit berlayar sentuh 7 inci, saat saya menggunakan sen kiri. Jadi mata tak lagi memandang jauh ke spion, saat Anda ingin belok kiri atau pindah lajur. Nyaman bukan!," jelasnya.

Performa ciamik All New Honda BR-V makin lengkap dengan konsumsi bahan bakar yang tergolong lebih efisien karena pengemudi tak perlu menekan gas sampai ke putaran tinggi agar mobil bisa melaju.


Honda SENSING, Beri Keamanan Ekstra saat Road Trip

All New Honda BR-V.
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

Desain, kenyamanan dan performa sudah diulas, kini beralih ke bagian keamanan. Saat memutuskan road trio, bukan hanya konsentrasi tinggi dan kesigapan pengemudi, diperlukan juga fitur keamanan mobil terkini yang bisa memberikan keamanan ekstra. Dalam hal ini, All New Honda BR-V memiliki fitur Honda SENSING, yang berisi enam fitur keamanan aktif yang berguna selama Anda berkendara.

Dari pengalaman Syakur, ia merasa sangat terbantu dan nyaman dengan fitur Honda SENSING. Karena cara kerjanya tidak kasar seperti fitur Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation System (RDMS).

"Komputer secara otomatis mengubah atau membalikkan setir ke posisi normal, bila sensornya mendeteksi kendaraan ke luar garis atau lajur. Intervensinya masih terasa di sistem setir, tapi tidak mengganggu kok. Rileks saja," jelas Syakur.

Sementara pada fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS) dapat membantu pengereman otomatis, bila jarak mobil yang dikendarai dengan mobil di depan terlalu dekat. Selain itu, Honda SENSING di All New Honda BR-V juga memiliki fitur Adaptive Cruise Control, Lane Car Departure Notifications System, dan Auto High Beam. Semua fitur-fitur ini, sangat fungsional sehingga peran pengemudi semakin dimudahkan sekaligus nyaman.


Kesimpulan Mengendarai All New Honda BR-V

Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

Dari pengalaman Syakur sebagai pengemudi dan penumpang saat media test drive All New Honda BR-V berdurasi satu hari dan jarak tempuh sekitar 400 km, ia berkesimpulan generasi kedua Low SUV andalan PT Honda Prospect Motor ini punya potensi besar di segmennya.

Menurutnya, All New Honda BR-V cukup presisi dengan fun to drive yang baik. Fitur Honda SENSING menjadi salah satu fitur yang ia suka. Dan secara garis besar, Honda berhasil menyajikan konsep "redefined driving".

"Saya mau mengendarainya lagi untuk perjalanan lebih jauh," kata Syakur dalam tulisannya 'Test Drive All New Honda BR-V Varian Tertinggi, Enak Diajak Jalan Jauh".

Itulah pengalaman jurnalis otomotif Syakur Usman yang sudah lebih dulu menjajal All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing, varian tertinggi dan memiliki semua spesifikasi dari All New Honda BR-V. Lebih dari itu, semua varian All New Honda BR-V 2021 sudah dibekali fitur mumpuni untuk menunjang kenyamanan serta keselamatan pengemudi dan penumpang.

Secara umum, All New Honda BR-V ini terbilang sangat value for money dibandingkan dengan mobil lain di segmen yang sama. Dikutip dari website www.honda-indonesia.com, harga All New Honda BR-V tipe S mulai Rp 281 jutaan. Sedangkan varian tertinggi All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing dibanderol mulai Rp348 jutaan.

Sekarang giliran Anda test drive All New Honda BR-V dengan fitur-fitur yang mendukung aktivitas road trip dan berkendara sehari-hari.

Jangan lewatkan juga pameran otomotif terbesar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung 11-21 Agustus 2022. PT Honda Prospect Motor akan menampilkan berbagai mobil baru dan andalan, termasuk All New Honda BR-V. Bakalan ada banyak experience dan spesial promo untuk Anda yang berminat membawa mobil baru.

Let’s Join The Fun With All New Honda BR-V!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya