LSUV 7 Seater untuk Keluarga Muda Masa Kini: Nyaman, Praktis dan Aman untuk Berkendara

Oleh Fachri pada 10 Agu 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 22 Agu 2022, 15:03 WIB
All New Honda BR-V.
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini mobil bukan sekadar moda transportasi biasa tapi sudah seperti 'rumah' berjalan. Banyak waktu yang dihabiskan bersama mobil, untuk mendukung mobilitas ke kantor, sekolah dan juga bepergian bersama keluarga, baik dalam kota maupun luar kota.

Maka dari itu, sangat penting memiliki mobil dengan fitur-fitur terkini yang bisa memanjakan pengemudi dan penumpang. Tujuannya supaya semakin nyaman berkendara dan bisa menikmati perjalanan, sekalipun harus menghadapi kemacetan. Salah satu mobil yang bisa kamu lirik adalah All New Honda BR-V yang belum lama ini ini meraih penghargaan “Car of The Year” di ajang OTOMOTIF Award 2022.

Seperti diketahui, All New Honda BR-V 2022 memiliki empat varian, yakni All New Honda BR-V tipe S, tipe E (transmisi M/T dan CVT), All New Honda BR-V Prestige, serta All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas varian tertinggi yang memiliki fitur paling lengkap, yakni All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing yang juga sempat dikendarai para awak media saat test drive dengan rute perjalanan Jakarta-Solo yang lebih dari 500 Km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengendara Jadi Nyaman

All New Honda BR-V.
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

Saat menaiki mobil ini untuk pertama kalinya, kesan yang terasa adalah lapang. Yup, kesan tersebut menjadi ciri khas dari mobil LSUV ya. Dengan sentuhan soft touch dan sedikit krom di beberapa bagian dalam mobil, semakin menegaskan, mobil ini terasa premium.

Bagasi All New Honda BR-V juga terasa sangat lapang. Ini memungkinkan kita dalam perjalanan jarak jauh dan membawa barang yang sangat banyak untuk satu keluarga bisa muat. Jadi, ketika kita duduk di bagian belakang, tidak harus ya tas besar yang kita bawa ada di bawah kaki kita, yang bikin pegal selama perjalanan!

Duduk di jok sebagai pengemudi dan penumpang, kenyamanan begitu terasa. Jok seolah-olah memeluk badan dengan sempurna. Untuk perjalanan jauh, pegalnya pinggang  yang menjadi masalah utama dalam menyetir, tak terasa sama sekali.

Terkadang, perjalanan jauh terasa membosankan dan bisa bikin rasa kantuk tiba. Tapi, dengan All New Honda BR-V, semua itu seolah-olah sirna. Dengan head unit berukuran 7 inch yang bisa terhubung dengan gawai pintar, kita bisa dengan mudah memutar musik dari Spotify atau yang lainnya.

Ketika sedang asyik mendengarkan musik, scrolling timeline media sosial, atau bermain game online di tengah perjalanan, masalah yang terkadang tak kita sadari adalah baterai habis! Nah, untungnya, All New BR-V ini menyediakan power outlet di beberapa titik dari kursi depan dan belakang, jadi tidak ada masalah lagi deh dengan baterai gawai!


Pengendara Jadi Praktis

All New Honda BR-V.
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

Perjalanan berkendara pada era digital membutuhkan fitur yang serba praktis dan otomatis. Mulai dari berangkat hingga sampai tujuan, All New Honda BR-V sudah mengakomodasi semua kebutuhan ini.

Pertama, fitur One Push System yang memberikan kemudahan dalam menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Selain itu, kita juga bisa menghidupkan mesin dan AC dari luar mobil melalui fitur Remote Engine Start.

Fitur tersebut memungkinkan ketika kita masuk kabin, mobil sudah dalam keadaan dingin. Yang menariknya, walaupun mobil menyala, pintu tetap terkunci dan setir, serta transmisinya tidak bisa digerakkan.

Selain itu, sebelum berangkat, kita juga akan diingatkan dengan fitur Rear Seat Reminder. Dengan fitur tersebut, kita akan diingatkan untuk mengecek kembali apakah ada barang yang tertinggal atau tidak.

Sesampainya di tujuan, kita juga akan dibuat aman dengan fitur Walk Away Auto Lock. Dengan fitur ini, mobil akan terkunci otomatis, jika kita berjalan 2 meter menjauhi mobil. So, selain praktis, aman pun didapatkan bukan?


Handling yang Enak

Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

Tarikan awal ketika mengendarai All New BR-V ini cukup responsif. Ketika kita berkendara di kecepatan sekitar 100 Km/jam di jalan tol, handling mobil ini cukup enak, memudahkan kita dalam mengontrol mobil, dan ketika menyalip kendaraan di depan. 

Kondisi cuaca saat perjalanan, tidak bisa kita perkirakan. Terkadang bisa terik atau hujan. Ketika hujan turun, terkadang kita yang ada di dalam mobil terasa terganggu dengan bunyi air. Tapi, bunyi air hujan yang jatuh ke atap atau bodi mobil All New BR-V tidak begitu terdengar berisik. Jadi, musik yang kita putar atau obrolan yang sedang kita lakukan di dalam mobil, tidak terlalu terkena distraksi.

Bukan hanya cuaca, suara mesin dan kebisingan jalan pun mampu diredam oleh All New BR-V. Karena sudah terpasang kedap suara, jadi suasana yang kita rasakan adalah jauh lebih tenang dan rileks dengan getaran yang lebih rendah, bikin kita semakin nyaman sebagai pengemudi dan penumpang.


Perjalanan Jadi Aman

Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

All New Honda BR-V ini sangat value for money dibandingkan dengan mobil lain di segmen yang sama. Dikutip dari website www.honda-indonesia.com, harga All New Honda BR-V tipe S mulai Rp281 jutaan. Sedangkan varian tertinggi All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing dibanderol mulai Rp348 jutaan. Mobil ini menawarkan nilai lebih pada kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

Keselamatan pengemudi dan penumpang dalam bepergian jauh semakin terjamin dengan adanya fitur Honda Sensing. Fitur tersebut hadir dalam All New Honda BR-V varian prestige with Honda Sensing. Supaya lebih jelas, berikut ini merupakan berbagai menu menarik yang terdapat dalam Honda Sensing.

Mulai dari Adaptive Cruise Control, Collision Mitigation Braking System, Lead Car Departure Notification System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, serta Auto-High Beam. 

Dengan mengaktifkan fitur Adaptive Cruise Control (ACC), jarak antara kita dengan mobil di sekitar tetap terjaga dan yang dirasakan, akselerasi serta pengereman ketika di jalan tol, terasa begitu enak.

Kita, sebagai pengemudi, terasa dimanjakan lho. Itu karena, kita tidak perlu menginjak pedal gas dan rem, kecepatan pun sudah ditentukan dengan sendirinya. Jadi, ketika kita sedikit lelah, fitur ini sangat membantu, sebelum kita beristirahat di lain tempat.

Berlanjut ke malam hari, kita, khususnya pengendara yang berusia lanjut, akan dimanjakan dengan fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS) yang berfungsi mendeteksi pejalan kaki, pengendara sepeda, dan motor di sekitar kita.

Fitur ini mendeteksi pejalan kaki, pengendara sepeda, atau motor yang akan menimbulkan potensi kecelakaan, fitur ini akan memberikan peringatan berupa tampilan audio dan multi-informasi. Kita akan merasakan pengereman yang kuat untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan guna menghindari kecelakaan yang dapat menimbulkan kerusakan.

Ada pula fitur Lead Car Departure Notification System (LCDN). Fitur ini berfungsi untuk menginformasikan si pengemudi di saat mobil berhenti dan kendaraan di depan sudah berjalan jauh.

Kemudian fitur Lane Keeping Assist System (LKAS). Fitur ini sangat bisa diandalkan karena fitur ini berfungsi agar kendaraan berada pada jalur yang sudah terdeteksi di sistem. Jika kendaraan kita berada di luar jalur, fitur ini akan memberikan reaksi getaran dan juga visual pada layar pengemudi. 

Dan fitur yang terakhir adalah fitur Road Departure Mitigation (RDM). Mungkin fitur ini kurang lebih hampir sama dengan Lane Keeping Assist System (LKAS) namun ada yang berbeda, fitur ini akan keluar jika kendaraan tersebut keluar dari jalur. Namun jika kendaraan menyimpang tanpa memberikan tanda sein, maka sistem akan memberikan reaksi vibrasi pada pengemudi dan juga memberikan peringatan visual.

All New Honda BR-V.
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

Selama melakukan perjalanan jarak jauh, mulai dari masuk ke mobil untuk pertama kalinya hingga menjadi pengendara dan juga pengemudi, All New BR-V ini terasa nyaman, baik dari sisi interior maupun eksterior. Berkendara terasa semakin aman dengan Honda Sensing yang dapat dapat mengantisipasi potensi pengemudi mengalami masalah selama perjalanan.

Kalian ingin merasakan fitur-fitur All New Honda BR-V secara langsung? Kalian bisa mencobanya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung 11-21 Agustus 2022. 

PT Honda Prospect Motor akan menampilkan berbagai mobil baru dan andalan, termasuk All New Honda BR-V. So, langsung saja lakukan test drive-nya! Let’s Join The Fun With All New Honda BR-V!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya