Sukses

Di Indonesia Disuntik Mati, Honda Jazz Punya Wajah Baru di Negara Asalnya

Honda Jazz pernah mengalami masa kejayaan di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Desainnya yang kompak dan menawan menjadi alasan Honda Jazz memiliki penggemarnya tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Honda Jazz pernah mengalami masa kejayaan di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Desainnya yang kompak dan menawan menjadi alasan Honda Jazz memiliki penggemarnya tersendiri.

Perjalanan Honda Jazz di Indonesia berakhir di generasi ketiga dengan kode GK5. Generasi keempat, berkode GR/GS, tidak dimasukkan ke tanah air, lantaran PT Honda Prospect Motor (HPM) menilai mobil tersebut kurang cocok dengan kebutuhan orang Indonesia.

Dengan demikian, posisi Honda Jazz digantikan oleh Honda City hatchback yang mempunyai bodi lebih besar dan styling bergaya sporti.

Honda Jazz tidak berhenti diproduksi secara menyeluruh. Hatchback ini masih dijual di Jepang dengan nama “Honda Fit”. Mobil ini mengusung styling lebih konvensional dibanding City hatchback RS.

Baru-baru ini, Honda Jazz menerima penyegaran. Melansir paultan.org, Senin (8/8/2022), mobil ini menerima serangkaian improvement dari segi tampilan, sekaligus memperkenalkan model baru ‘RS’.

Khusus model RS, Jazz terbaru tampil lebih sporti dengan adanya grill hitam bergaya mesh, bumper depan baru, pelek berdesain lebih agresif, serta adanya lip spoiler berwarna hitam yang mengililingi bodi.

Bagian dalam model ini juga dibedakan. Tipe RS mendapatkan warna jahitan kontras di area setir, jok hngga armrest. Adapun paddle shift untuk mengatur kekuatan regenerative braking, serta mode berkendara yang mencakup Normal, Sport dan Econ.

Selebihnya interior Honda Jazz RS tidak berbeda dengan model-model lainnya, seperti adanya speedometer digital berukuran 7 inci dan head unit layar sentuh 9 inci di dasbor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Model lainnya

Selain tipe RS, varian Jazz lainnya juga mendapatkan penyegaran ringan. Tipe Basic, Home dan Luxe mendapatkan bumper depan baru yang lebih modern. Lalu tipe Home disematkan garis krom di grill depan dan varian Luxe disematkan spion berwarna krom.

Model paling mencolok adalah Honda Fit Crosstar. Hatchback bergaya SUV ini terbilang paling mudah dibedakan dengan varian-varian lainnya, lantaran styling bawaannya terkesan lebih tangguh.

Pada penyegaran ini, Fit Crosstar disematkan grill baru dan lubang radiator di bawah kini mempunyai warna kontras. Side skirts samping juga mendapatkan ubahan yang sama.

Setiap model Honda Jazz di Jepang disematkan Honda Sensing secara standar. Dengan kata lain, mobil perkotaan ini mempunyai teknologi seperti Autonomous Emergency Braking, Lane Keep Assist, Adaptive Cruise Control, Traffic Sign Recognition dan lainnya.

Honda Jazz mengusung mesin berteknologi e:HEV yang berfungsi layaknya mobil hybrid pada umumnya. Sistem ini mengandalkan motor listrik tunggal di roda depan yang menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi 253 Nm.

Motor listrik ini dikawinkan dengan mesin 1.500cc Atkinson cycle dengan output 98 PS dan torsi 127 Nm. Fungsi utama mesin ini adalah untuk sumber daya motor listrik bawaannya dan bisa digunakan sebagai mesin utama di kecepatan tinggi.

Harga mobil akan terungkap pada saat peluncuran resminya. Diprediksi akan berlangsung di musim semi tahun ini.

Sumber: Otosia.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.