Toyota Hentikan Produksi Land Cruiser 70, Ini yang Jadi Penyebabnya

Oleh Fahmi Rizki pada 03 Agu 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 15:00 WIB
Toyota Hentikan Produksi Land Cruiser 70
Perbesar
Toyota Hentikan Produksi Land Cruiser 70

Liputan6.com, Jakarta - Meski kondisi pandemi Covid-19 sudah berangsur membaik, namun di beberapa wilayah masih merasakan dampak tersebut sehingga menyebabkan produksi mobil mengalami kendala.

Dilansir Autoindustriya, Toyota, terpaksa menangguhkan produksi Land Cruiser 70 retro miliknya lantaran adanya kekurangan suku cadang yang disebabkan oleh penyebaran Covid-19.

Masih dari informasi tersebut, Toyota, juga telah melakukan pengumuman terkait beberapa pabrik mereka yang terpaksa berhenti produksinya. Salah satu jalur perakitan yang dihentikan sementara adalah pabrik Yoshiwara yang merupakan lini produksi LC70 retro.

Meski mobil ini terlihat tidak menjadi primadona konsumen, namun beberapa penikmat mobil khususnya brand Toyota, masih menginginkan model tersebut lantaran dibekali dengan desain yang tangguh lewat nuansa yang khas.

Ini bukan kali pertama bagi Toyota menangguhkan produksi mereka. Sejak wabah pandemi menyebar di berbagai belahan dunia, raksasa otomotif Jepang ini sudah beberapa kali menghentikan jalur produksi yang disebabkan oleh situasi covid-19 yang terus meningkat.

Di samping itu, selain diakibatkan pandemi, penangguhan produksi model tersebut juga turut dipengaruhi oleh ketersediaan suku cadang. Dengan begitu, pusat perakitan menjadi terganggu dan memberikan dampak terhadap beberapa model andalannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Vios Berhenti Produksi, Ini Jawaban Toyota Indonesia

Toyota Vios dikabarkan resmi berhenti diproduksi di Indonesia. Dugaan tersebut mencuat, setelah muncul video di media sosial terkait ucapan perpisahan dan terima kasih untuk salah satu sedan andalan pabrikan asal Jepang ini.

Dari video yang diunggah akun instagram @mobilgue, terlihat video diawali dengan rangka Vios dan kemudian menyorot beberapa karyawan yang membawa potongan kertas bertuliskan 'Sayonara Vios'.

Dalam video tersebut, juga terdengar seorang karyawan yang mengucapkan terima kasih untuk Vios yang sudah menjadi sejarah sukses berdirinya plant 2 atau pabrik perakitan milik Toyota Indonesia.

Mencoba mengonfirmasi hal tersebut, Bob Azam selaku Corporate External Affairs Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) enggan untuk berkomentar lebih jauh. Pria ramah ini hanya mengatakan, pasokan untuk Vios tetap terjaga hingga saat ini.

"Bersama dengan TAM (Toyota Astra Motor), kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga," ujar Bob melalui pesan elektronik kepada Liputan6.com, Selasa (2/8/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

INFOGRAFIS JOURNAL_ Fakta Terbaru Kasus Kematian Brigadir J
Perbesar
INFOGRAFIS JOURNAL_ Fakta Terbaru Kasus Kematian Brigadir J (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya