Serba-serbi Ban Serep Mobil yang Penting Diketahui

Oleh Septian Pamungkas pada 02 Agu 2022, 18:04 WIB
Diperbarui 02 Agu 2022, 18:04 WIB
ban serep atau ban cadangan
Perbesar
Ilustrasi ban serep atau ban cadangan. (Mill Autoquip)

Liputan6.com, Jakarta - Meski jarang digunakan, ban serep tetap harus mendapatkan perawatan. Hal ini agar jika terjadi sesuatu pada salah satu ban utama yang digunakan, seperti mengalami bocor misalnya, maka ban serep siap sebagai penggantinya.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam melakukan perawatan ban serep. Berikut tipsnya dari Auto2000:

Pertama, perhatikan kondisi karet ban. Lihat dengan teliti, apakah ada kerusakan seperti permukaan getas atau dinding ban benjol akibat terlalu lama disimpan.

Periksa tekanan udara ban serep secara berkala, sehingga saat dibutuhkan bisa langsung dipakai. Pastikan tekanan udara sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kalau perlu, naikkan sekitar 10 psi untuk mengantisipasi ban serep kempis ketika disimpan.

Kemudian, perhatikan alur telapak ban serep. Jangan sampai terlihat aus atau ada kerusakan seperti robek.

Bersihkan kerikil atau batu yang terselip di antara telapak ban tersebut. Lalu, cuci ban serep agar terhindar dari kotoran, debu, atau potensi karat pada pelek.

Lakukan rotasi ban serep yang memiliki ukuran sama dengan lainnya agar tingkat keausan seluruh ban merata dan meminimalkan risiko ban getas.

"Jangan sepelekan ban serep atau ban cadangan meskipun jarang digunakan, AutoFamily pasti tidak mau ketika harus mengganti ban kempis ternyata ban serepnya juga kempis atau tidak layak jalan," terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dalam keterangan resminya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Yang Mesti Dipelajari dari Ban Serep

Selain melakukan perawatan, ada hal lain yang mesti diperhatikan dari ban serep. Salah satunya, AutoFamily wajib mempelajari cara menurunkannya supaya tidak kesulitan saat membutuhkan.

Kemudian pahami ukuran ban serep. Tidak semua mobil menyediakan ban serep dengan ukuran yang sama dengan ban inti. Ada ban cadangan yang berukuran lebih kecil atau jenis space saver. Ban jenis ini tidak dianjurkan untuk dipakai terlalu lama dan kecepatan mobil dibatasi di bawah 60 km/jam.

Hal lain yang mesti dilakoni adalah melakukan simulasi penggantian ban serep. Simulasi bongkar pasang ban serep membuat AutoFamily paham cara menggunakannya saat dibutuhkan. Tentu akan sangat merepotkan jika ban mobil bocor di malam hari atau di tempat sepi dan AutoFamily tidak tahu cara menggantinya.

Banyak hal dapat dipelajari, seperti tempat menyimpan dongkrak dan posisi menaruhnya di kolong mobil yang tepat ketika mau mengganti ban. Lanjut cara mengoperasikan dongkrak, membuka baut ban, hingga memasang ban serep dengan cepat dan efisien.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Serangkaian Pemeriksaan Komnas HAM untuk Ungkap Kematian Brigadir Yoshua. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Serangkaian Pemeriksaan Komnas HAM untuk Ungkap Kematian Brigadir Yoshua. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya