Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh Pakai Mobil, Cek Lagi Komponen-Komponen Ini

Oleh Liputan6.com pada 01 Agu 2022, 15:07 WIB
Diperbarui 01 Agu 2022, 15:07 WIB
Ilustrasi cek mobil
Perbesar
Ilustrasi memeriksa kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Penting untuk melakukan berbagai persiapan matang sebelum mobil pribadi digunakan untuk liburan keluarga atau perjalanan jarak jauh.

Hal ini penting untuk menghindarkan diri dari berbagai gangguan selama dalam perjalanan termasuk mencegah terjadinya kecelakaan. Lantas bagian apa saja yang perlu diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh?

Oli Mesin

Oli mesin menjadi salah satu list penting untuk dicek kesiapannya jelang perjalanan jarak jauh. Mobil tentunya memerlukan pelumasan yang baik saat perjalanan jauh sehingga oli mesin juga perlu diperiksa.

Cara pengecekannya adalah dengan menggunakan deepstick alias stik oli. Pada dasarnya, kadar oli tak boleh terlalu banyak atau sedikit.

Pastikan juga batas jarak per kilometer dari penggantian oli periode sebelumnya. Jika dirasa aman, maka perjalanan akan semakin mulus tanpa hambatan.

Rem

Sama seperti pelumasan, rem juga sangat penting dalam mengendalikan kendaraan ketika di jalan raya. Oleh sebab itu, periksa kada minyak rem tetap jernih tak berkeruh.

Jika minyak rem terlalu sedikit, bisa dibawa ke bengkel untuk diatasi. Bisa jadi hal ini muncul akibat kebocoran.

Aki

Mogok di tengah jalan saat melakukan perjalanan jauh merupakan momok yang perlu dihindari bagi pengendara.

Salah satu aspek penting yang wajib dilakukan sebelum bepergian adalah dengan memastikan aki dalam kondisi prima.

Pastikan baut pada kutub aki tidak kendur. Bersihkan juga dari kerak yang menempel pada permukaan aki.

Jika mobilmu masih menggunakan aki basah, periksa level ari aki. Segera tambahkan air aki murni jika kadar airnya kurang. Sementara itu bagi pengguna aki kering, cek indikatornya dan segera ganti bila memasuki masa expired.

Lampu

Pencahayaan dari lampu mobil memegang peranan penting dalam perjalanan terutama ketika berkendara di malam hari. Untuk itu wajib hukumnya melakukan pengecekan sebelum perjalanan.

Pengecekan bisa meliputi lampu utama, lampu belakang, lampu sign, hingga lampu sorot.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Air Radiator

Jangan biarkan mobilmu overheat ketika sedang digunakan dalam perjalanan jauh. Cek kinerja radiator untuk memastikan performanya tetap prima di segala medan.

Pastikan air radiator dalam keadaan penuh untuk menstabilkan suhu mesin. Cek juga bagian reservoir sesuai dengan level yang direkomendasikan.

Agar semakin tenang, pastikan juga untuk mengecek selang yang berhubungan dengan radiaor. Jika sudah mengalami keretakan hingga kebocoran, ada baiknya untuk segera diganti.

Wiper

Kondisi cuaca sedang kurang menentu pada akhir-akhir ini. Sering sekali dijumpai cuaca sangat panas pada siang hari namun tibat-tiba turun hujan deras beberapa jam kemudian.

Oleh sebab itu, cek bagian wiper mobil dan pastikan performanya prima. Tak boleh disepelekan, wiper membuat pandangan pengendara tetap prima meski terjadi hujan deras.

Ban

Bukan cuma tekanan angin, kondisi ban secara umum wajib untuk diperhatikan ketika sedang hendak melakukan perjalanan jauh.

Periksa kondisi ban dengan cara memastikan Tread Wear Indicator-nya masih aman untuk digunakan. Hati-hati juga saat berkendara terlebih ketika aspal sedang licin akibat air hujan.

Pastikan untuk berkendara secara aman dengan mengedepankan keselamatan bagi diri sendiri dan juga para pengguna jalan yang lain. Jika mengantuk, tak ada salahnya untuk beristirahat di rest area sambil menikmati secangkir kopi yang rasanya bikin nendang.

Sumber: Otosia.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Pemberian Vaksin Covid-19 Dosis 4 untuk Tenaga Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Pemberian Vaksin Covid-19 Dosis 4 untuk Tenaga Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya