Sukses

Harga BBM Naik, Penjualan Mobil Daihatsu Langsung Kena Imbas?

Harga Bahan Bakar Minyak atau BBM nonsubsidi kembali dinaikkan oleh PT Pertamina (Persero)

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bahan Bakar Minyak atau BBM nonsubsidi kembali dinaikkan oleh PT Pertamina (Persero). Harga BBM yang naik di antaranya adalah Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Lalu, dengan kenaikan harga bahan bakar ini, apakah akan berpengaruh terhadap penjualan?

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, kenaikan harga BBM tidak serta-merta mempengaruhi penjualan.

"Pertumbuhan pasar otomotif itu dipenguhi oleh banyak hal, dan salah satunya adalah daya beli. Misalkan, jika situasi ekonomi membaik, makro ekonomi baik, daya beli juga bagus," ujar Hendrayadi di Bali, belum lama ini.

Dengan begitu, jika dilihat dari kenaikan harga BBM saja, penjualan memang tidak akan langsung naik. Pasalnya, ada faktor lain yang mempengaruhi daya beli masyarakat, yang pastinya berhubungan dengan jumlah penjualan kendaraan.

"Jadi, apakah kalau harga bensin naik, penjualan langsung turun? Tidak, kita harus melihatnya secara makro," tegasnya.

Sementara itu, terkait penjualan Daihatsu sendiri pada paruh pertama 2022 mengalami peningkatan yang positif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenaikan penjualan

Pabrikan asal Jepang ini, berhasil menjual secara ritel (diler ke konsumen) periode Januari hingga Juni tahun ini sebanyak sebanyak lebih dari 90 ribu unit, atau naik sekitar 35 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2021.

Dengan hasil tersebut, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif secara nasional.

Sebanyak lebih dari 90 ribu unit, atau naik sekitar 35 persen dibandingkan periode yang sama 2021 lalu.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu terus didominasi oleh tiga model teratas, seperti Daihatsu Sigra sebanyak 22.282 unit, atau berkontribusi 24,5 persen, disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 21.162 unit 23,3 persen, dan Xenia dengan raihan 11.779 unit atau berkontribusi sebesar 13,0 persen.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Infografis Fakta Uji Coba MyPertamina untuk Penyaluran BBM Subsidi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.