Sukses

Astra dan Toyota Kolaborasi Bikin Penyewaan Kendaraan Komersial

Dengan nama PT Mobilitas Digital Indonesia, perusahaan patungan ini ditargetkan mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra International, melalui anak perusahaannya PT Arya Kharisma (AKH) dan Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd (TMAP), anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation (TMC), mengumumkan pembentukan perusahaan patungan (Joint Venture atau JV) 50:50 yang menyediakan jasa penyewaan kendaraan komersial dengan layanan lengkap.

Dengan nama PT Mobilitas Digital Indonesia, perusahaan patungan ini ditargetkan mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun 2022.

Pemulihan perekonomian nasional menunjukkan potensi pasar di sektor transportasi dan logistik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), salah satupendorong pemulihan pertumbuhan ekonomi nasional adalah sektor transportasi dan pergudangan/logistik.

Pada kuartal pertama 2022, sektor transportasi dan logistik tumbuh 15,79 perse, tertinggi dibandingkan sektor-sektor lainnya dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 4,62 persen.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, pembentukan JV ini akan memperluas dan memperkuat kemitraan antara Astra dan Toyota.

"Kami berharap PT Mobilitas Digital Indonesia dapat berperan dalammeningkatkan kelancaran mobilitas arus distribusi dan transportasi di Indonesia, sehingga dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia," ujar Djony Bunarto Tjondro, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (31/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulau Jawa

Sementara itu, Presiden Direktur AKH, Gidion hasan mengatakan, pada tahap awal join venture ini akan fokus menjalankan usaha penyewaan kendaraan komersiap di pulauN Jawa.

"Seluruh masyarakat umum termasuk pelaku usaha skala kecil hingga besar dapat menikmati penyewaan kendaraan komersial yang efektif, efisien dan berdaya saing yang disediakan oleh PT Mobilitas Digital Indonesia,” ungkap Gidion Hasan.

Sementara itu, perusahaan join venture ini merupakan pilar yang tidak terpisahkan dalam strategi kami untuk mewujudkan visi Toyota ‘Mobility for All’ di Asia.

"Astra adalah mitra lama kami yang terpercaya, dan saya senang bahwa kami memasuki fase baru dari kolaborasi kami dengan perusahaan baru ini. Saya yakin bahwa kami akan dapat berkontribusi pada ‘mass production of happiness’ di Indonesia, dengan menyediakan solusi mobilitas yang efisien dan berkualitas,” tukas Chief Executive Officer TMC Region Asia dan Presiden TMAP Hao Quoc Tien.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini