Sukses

Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Mengendarai Sepeda Motor Manual dan Semi-Otomatis

Jika tidak ingin mengendarai motor bertransmisi matic, maka pilihan lain yang tersedia adalah manual dan semi-otomatis. Perlu teknik yang tepat agar dapat mengoper persneling dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Jika tidak ingin mengendarai motor bertransmisi matic, maka pilihan lain yang tersedia adalah manual dan semi-otomatis. Perlu teknik yang tepat agar dapat mengoper persneling dengan baik.

Biasanya bagi yang masih sangat awam akan bingung dengan proses operasional gigi motor. Terlebih pas jalan, malah semakin bikin gugup.

Cara Mengoper Persneling Motor Manual

1. Biasakan terlebih dahulu dengan kopling, gas dan tuas persneling

Untuk motor manual, tuas kopling terletak di sebelah kiri setang. Fungsinya untuk memindahkan torsi mesin pada transmisi. 

Sedangkan gas motor berada pada setang bagian kanan. Apabila dipuntir, akan menaikkan RPM (putaran mesin) motor sehingga mencegah mesin mati.

Cek tuas persneling pada pijakan kaki sebelah kiri. Tugas tuas itu untuk memindahkan persneling atau gigi motor secara manual. 

2. Hidupkan motor dengan meremas tuas kopling dan menekan tombol starter 

Naiklah ke jok motor terlebih dahulu. Yang harus diperhatikan saat menghidupkan motor, pastikan persneling dalam keadaan netral terlebih dahulu. Hal itu bisa dilihat pada panel instrumen motor yang menampilkan lampu indicator nyala ‘N’. Itu tandanya persneling motor dalam kondisi netral.

3. Coba pindahkan persneling ke gigi satu

Kurangi dahulu puntiran gas, kemudian tarik secara penuh tuas kopling dan disaat yang bersamaan tekan persneling ke bagian bawah untuk memasukkan ke gigi satu.

Selanjutnya putar gas secara perlahan sambil melepas tuas kopling dengan lembut hingga sepeda motor Anda berjalan perlahan. Perhatikan keseimbangan bukaan gas dan pelepasan perseneling. Terlalu besar gas, motor tidak akan bisa jalan. Sedangkan terlalu besar kopling dibuka, mesin akan mati.

4. Selanjutnya, ganti gigi persneling ke angka lebih tinggi

Setiap kenaikan gigi perseneling membutuhkan tingkat kecepatan tertentu. Jika sepeda motor telah mencapai kecepatan yang cukup untuk berpindah ke gigi, kendurkan puntiran gas sambil menekan tuas kopling. Selipkan ujung kaki kiri di bawah tuas persneling. Setelah itu, ungkit tuasnya ke atas sejauh mungkin, sampai terasa adanya peralihan gigi.

Untuk menambahkan gigi lagi, lakukan prosedur serupa sampai sesuai pada gigi yang diinginkan. Satu ungkitan akan masuk ke gigi dua, satu lagi ke gigi tiga, satu lagi ke gigi empat, begitu seterusnya.

5. Sekarang, coba kurang persneling ke lebih rendah

Pertama, kendurkan puntiran gas terlebih dahulu sambil menekan penuh tuas kopling dan injak tuas persneling kebawah kemudian lepaskan. Sesuaikan tarikan kopling dan bukaan gas secara bersamaan agar sesuai dengan kecepatan saat ini.

Apabila ingin berhenti, tutup pelan-pelan gas sampai penuh, tekan tuas kopling, dan terus tekan. Lalu lepaskan tuas persneling hingga sepeda motor masuk ke gigi satu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mengganti persneling motor semi otomatis

1. Pelajari part-part motornya dahulu

Ketika akan mengganti perseneling sepeda motor, pastikan bukaan gas berada pada posisi paling minim, baru menekan tuas perseneling. Sepeda motor dengan transmisi semi otomatis, memiliki kopling sinkron dengan persneling, sehingga ketika tuas persneling ditekan, berarti otomatis kopling ikut aktif.

2. Nyalakan sepeda motor

Duduklah di jok sepeda motor, dan pastikan persneling dalam keadaan netral sebelum melanjutkan proses mengganti persneling.

3. Berpindahlah ke gigi satu

Kendurkan bukaan gas dan tekan tuas persneling satu kali. Untuk masuk ke gigi satu, tekan tuas persneling ke bawah dengan satu hentakan. Perpindahan ke gigi berikutnya bisa dilakukan dengan mengungkit tuas persneling ke atas.

4. Berpindah ke gigi yang lebih tinggi

Lakukan pemindahan gigi ke posisi lebih tinggi dengan langkah yang sama ketika mengoper ke gigi satu. Kurangi bukaan gas dan ungkit tuas persneling ke atas menggunakan ujung jari-jari kaki. Satu kali klik ungkitan, sama dengan memasukkan ke gigi dua. Penambahan satu lagi klik, artinya masuk gigi tiga dan seterusnya.

5. Mengurangi gigi persneling

Kurangi dulu kecepatan motor lalu turunkan gigi persneling yang dengan menekan tuas persneling. Ketika berhenti, usahakan untuk selalu memposisikan gigi pada kondisi netral.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.