Sukses

Honda Patenkan Teknologi Keep Lane Assist untuk Motor Baru

Raksasa sepeda motor asal Jepang, Honda, kembali mematenkan teknologi baru yang bakal disematkan pada sepeda motornya. Hal ini terungkap melalui dokumen yang diungkap oleh Cycleworld beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa sepeda motor asal Jepang, Honda, kembali mematenkan teknologi baru yang bakal disematkan pada sepeda motornya. Hal ini terungkap melalui dokumen yang diungkap oleh Cycleworld beberapa waktu lalu.

Melalui dokumen tersebut, Honda, kabarnya akan menyematkan teknologi Keep Lane Assist untuk sepeda motor baru. Biasanya teknologi keep lane assist tersebut lebih sering diaplikasikan pada mobil, tapi bagi Honda hal tersebut akan menjadi teknologi baru yang dapat memaksimalkan keselamatan dalam berkendara.

Tentunya, Honda bukan produsen sepeda motor pertama yang akan menyematkan teknologi tersebut. Tetapi, Ducati, diketahui telah mendaftarkan lebih dulu fitur tersebut untuk memberikan tambahan fitur keselamatan kepada pengendaranya.

Berdasarkan informasi dari dokumen yang diunggah, fitur teknologi tersebut nantinya akan disematkan pada triple clamp motor, mirip dengan steering damper. Namun, dalam pengaplikasiannya di sepeda motor, batang peredam akan digantikan dengan akuator.

Adapun kegunaan fitur keep lane assist ini akan membuat pengendara tetap berada di jalur di jalurnya. Sebagai pembantu pengingatnya, sensor yang dipasangkan serta kamera yang disematkan akan menginformasikan ke pusat sensor dan nantinya akan memberikan informasi ke pengendara untuk tetap berada di jalur.

Kamera tersebut akan mendeteksi garis di jalan untuk memastikan bahwa Anda selalu berada di jalur, dan jika mobil menjauh, input yang sesuai membawa kendaraan kembali ke jalur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mirip Banget Vespa, Dua Skutik Listrik Ini Pede Mejeng di PEVS 2022

Beragam merek motor listrik hadir di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Pilihan yang dihadirkan cukup menarik, dengan banderol yang murah hingga mahal.

Salah duanya, motor listrik dari Davigo dan MAB (Mobil Anak Bangsa) dengan sub brand Electro, yang menghadirkan dua skuter matik (skutik) ramah lingkungan. Keduanya, entah kebetulan atau memang disengaja, memiliki tampilan seperti skutik ikonik asal Italia, Vespa.

Davigo menghadirkan model bernama Forza, sedangkan electro memberikan nama EL02. Jika diperhatikan dengan seksama keduanya memiliki desain yang serupa dengan Vespa Primavera.

Untuk diketahui Davigo adalah rebranding dari produsen otomotif asal China yakni Luyuan. Pihak Davigo menyebutkan jika Luyuan menjadi salah satu merek motor listrik yang memiliki teknologi dinamo listrik dengan pendingin (liquid cooling motor).

Tampilan yang sama terlihat dari kaki-kaki kedua motor ini, yang menggunakan rancangan Luyuan dan menggunakan ban dengan merek Compass.

Selain itu, tampilan speedometer juga sama persis antara keduanya. Begitu juga dengan tampilan samping dan buritan dari kedua motor tersebut, yang juga sama.

Perbedaannya, hanya stiker yang bertuliskan kedua merek motor listrik tersebut, yaitu satu Davigo dan yang satu lagi Electro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.