Sukses

Sepeda Motor Listrik MAB Besutan Moeldoko Siap Produksi November 2022, Sudah Bisa Dipesan

PT Mobil Anak bangsa (MAB) memanfaatkan ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 dengan menghadirkan berbagai lini kendaraan listriknya

Liputan6.com, Jakarta - PT Mobil Anak bangsa (MAB) memanfaatkan ajang Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 dengan menghadirkan berbagai lini kendaraan listriknya. Tidak hanya bus listrik, metropod, dan truk pengangkut sampah tapi juga line-up sepeda motor listrik MAB.

Perusahaan yang didirikan Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko ini, membawa setidaknya membawa tiga model listrik, yaitu Electro EL02 dan Electro EL03 dan sepeda listrik dengan varian Electro EL 07C.

"Motor listrik ini sudah dijual, dan akan mulai diproduksi November 2022," jelas salah satu tenaga penjual di booth MAB, PEVS 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2022).

Electro EL02 merupakan motor listrik dengan bentuk skuter modern bernuansa retro. Kendaraan ramah lingkungan ini, dilengkapi dengan liquid cooling motor 60 V 800 watt, dengan battery listhium 60 V 24 AH. Kecepatan maksimum dari sepeda motor listrik ini, sebesar 60 km/jam, dengan jarak tempuh hingga 60 km.

Sepeda motor yang memiliki desain mirip dengan Vespa ini dibanderol Rp 18 juta.

Sementara itu, untuk Electro EL 03 merupakan sepeda motor listrik modern dengan model sangat dinamis, dan nyaman dikendarai. Memiliki Liquid Cooling Motor 72 V 1500 Watt, baterai Lithium 72 V 30 AH, dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan jarak tempuh hingga 100 km.

Sepeda motor listrik ini, dibanderol Rp 26 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TransJakarta Uji Coba Bus Listrik MAB

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan PT Transportasi Jakarta menandatangani nota kesepahaman tentang pelaksanaan pengujian bus listrik dengan durasi selama tiga bulan.

Kolaborasi dua perusahaan ini bertujuan ingin ambil bagian untuk mengurangi polusi udara di Jakarta. Anda bisa mencobanya bulan depan, dengan tarif reguler.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta pada 22 Juli 2022. Hadir dalam acara, Founder PT MAB Moeldoko, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, Komisaris Utama Transjakarta Sudirman Said, Direktur Utama TransJakarta M. Yana Aditya dan jajaran direksi serta Direktur Utama PT MAB, Kelik Irwantono.

“Selanjutnya kami akan melakukan uji coba 1 (satu) unit MAB di jalur yang belum dilintasi bus listrik yakni Dukuh Atas 2 - Ragunan (Koridor 6) mulai Senin, 1 Agustus 2022. Ini menarik, sebab dapat melayani pelanggan di koridor mulai pukul 05.00-22.00 WIB dengan tarif reguler Rp3.500,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor di JIEXpo.

Uji coba ini sekaligus menjadi armada bus listrik, produk lokal pertama yang mengaspal di jalur TransJakarta. MAB juga menjadi bus listrik pertama yang bakal melayani pelanggan di dalam koridor atau BRT.

Sebagai tambahan, bus listrik ini diklaim menggunakan komponen lokal sebesar 35 persen dengan jarak tempuh 250 km. Ia memiliki kapasitas baterai sebesar 315,85 kWh dan waktu pengisian baterai selama 1,5 jam hingga 2 jam. 

Bus yang digunakan dalam uji coba ini adalah bus tipe MD12E NF.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.