Desain Stargazer Disebut Mirip Xpander, Begini Respons Hyundai

Oleh Liputan6.com pada 24 Jul 2022, 10:13 WIB
Diperbarui 24 Jul 2022, 10:13 WIB
Hyundai Stargazer (Amal/Liputan6.com)
Perbesar
Hyundai Stargazer (Amal/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Stargazer sudah diperkenalkan ke publik oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Peluncuran Hyundai Stargazer sendiri akan dilakukan saat GIIAS 2022.

LMPV terbaru pabrikan asal Korea Selatan ini menjadi sorotan karena desainnya dianggap mirip dengan salah satu kompetitornya.

Hyundai menjelaskan bahwa bentuk dari Stargazer berbasis pada Sleek One Box dan One Curve Design yang terlihat pada penggunaan kap mesin pendek dan atap yang melengkung memanjang hingga ke belakang.

Meski tidak diungkapkan secara resmi, beberapa orang menilai bahwa bentuk bodi tersebut mempunyai beberapa kemiripan dengan rival terdekatnya dari Mitsubishi Xpander. Bukan secara menyeluruh, namun pada desain mendasar.

Kesamaan mobil ini dengan Xpander terletak pada bentuk atap yang serba melengkung, kap mesin yang tidak begitu panjang dan letak lampu DRL LED di atas lampu utamanya.

Yang menarik, Hyundai juga mengomparasikan desain Stargazer dengan kepunyaan rivalnya dari Mitsubishi dari segi aerodinamika. Pada buku terkait penjelasan desain Stargzer, mobil itu dikabarkan mempunyai drag coefficient 0.33. Xpander diperkirakan lebih tinggi di angka 0.38 cd.

Simon Loasby, Head of Hyundai Style, Hyundai Motor Company (HMC), menjelaskan bahwa perkara kemiripan wujud Stargazer dengan Xpander menjadi salah satu hal yang dipantau, terutama saat mendesain LMPV itu. Ia menekankan bahwa Stargazer mempunyai bentuk tersendiri dan unik.

"Hal ini tentu kami sangat pantau saat mendesain Stargazer. Saat kedua mobil dijajarkan bersamaan, mobil kami memiliki typology dan bahasa desain yang unik," beber Simon, di sela-sela acara Media First Drive Hyundai Stargazer, Kamis (21/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Desain Diklaim Akan Lebih Diingat

Lebih lanjut, Simon mengatakan bahwa desain Stargazer akan digemari oleh banyak orang, lantaran wujud mobil ini stands out dibanding para rival-rivalnya. Terutama pada saat dilihat secara langsung, LMPV dari Hyundai ini diklaim akan lebih diingat oleh masyarakat.

"Kami percaya diri bahwa (desain Stargazer) akan digemari oleh banyak orang dan mereka akan mengerti bentuk mobil ini sangatlah berbeda dengan para kompetitor di kelasnya. Lebih tepatnya pada saat dilihat langsung di jalanan umum. Bentuk mobil ini sangatlah unik, orang akan melihat mobil ini dan terkesima karena bentuknya yang berbeda," lanjutnya.

Simon juga mengatakan bahwa desain Hyundai Stargazer mempunyai fungsinya tersendiri, selain dari mempunyai tampilan unik. Pasalnya penggunaan bahasa desain tersebut meningkatkan aerodinamika mobil, sekaligus memberikan ruang interior yang lebih lapang.

"Stargazer terlihat seperti ini dengan alasan untuk meningkatkan kapasitas interior, untuk aerodinamika yang lebih baik dan tampilan serba gagah dan kekar," kata Simon.

Lantas ia percaya diri bahwa tampilan mobil ini akan dibedakan dengan rival dekatnya dari brand tiga berlian.

"Saya percaya kami tidak akan mempunyai masalah tersebut, di mana orang akan menyamakan bentuk mobil ini dengan salah satu kompetitor. Saya rasa desain mobil ini satu-dua langkah lebih maju," tutup Simon.

Sumber: Otosia.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya