Sukses

Percepat Elektrifikasi, Toyota EV Smart Mobility Sudah Mencapai Danau Toba

Toyota memperluas jangkauan EV Smart Mobility Project hingga ke kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara

Liputan6.com, Jakarta - Mendukung kebijakan pemerintah untuk percepatan pengembangan kendaraan elektrifikasi nasional, Toyota memperluas jangkauan EV Smart Mobility Project hingga ke kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara. Dengan begitu, jenama asal Jepang ini menjadi inisiator popularisasi ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Pulau Sumatera.

President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda mengatakan EV Smart Mobility merupakan salah satu realisasi dari konsep elektrifikasi Toyota yaitu Connected, Autonomous, Shared, & Electric (CASE).

"Ekspansi project ini diharapkan kian memperluas akses masyarakat untuk mendapat pengalaman tentang kendaraan listrik dan ekosistemnya yang akan menjadi pendukung utama mobilitas masa depan," ujar Matsuda, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/7/2022).

Lanjut Matsuda, sehingga diharapkan kedepannya masyarakat akan lebih paham terkait pentingnya kehadiran kendaraan elektrifikasi untuk menciptakan sustainable environment.

"Rangkaian project ini juga salah satu upaya Toyota dalam menciptakan Mobility Happiness for All melalui Total Mobility Solution, salah satunya kendaraan elektrifikasi," tambahnya.

Selain berfungsi untuk mempopularisasikan teknologi elektrifikasi milik Toyota, project EV Smart Mobility juga ditargetkan memberi dampak positif terhadap upaya pemulihan sektor pariwisata.

Pemilihan lokasi EV Smart Mobility Toba, juga berdasarkan The 5 Super-Priority Tourist Destination in Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan kendaraan listrik

Project ini dipusatkan di kawasan pulau Samosir yang merupakan salah satu destinasi populer dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

Dalam project ini, Toyota menempatkan 10 unit Full Battery Electric Vehicle yaitu Toyota C+Pod dan 1 unit Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yaitu Toyota Prius PHEV. Sebagai infrastruktur pendukung juga telah dibangun 1 stockyard, 1 main station pengisian listrik, dan 2 sub station.

Semuanya terintegrasi untuk mendukung mobilitas wisatawan maupun masyarakat ke rute-rute sekitar sembari menikmati pemandangan indah yang ditawarkan.

Tidak kurang dari 10 destinasi wisata akan dilintasi oleh rute EV Smart Mobility Toba, dan lima diantaranya adalah Tuk Tuk, Tomok, Batuhoda, Parbaba dan Lumban Suhi untuk rute Toyota C+Pod.

Kemudian rute Parapat, Kaldera, Sibea-bea, Pandang Tele, dan Efrata serta wilayah sekitarnya dapat dicapai menggunakan unit Toyota Prius PHEV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.