Sukses

Mobil Balap Mazda RX-7 SA22C Bekas Tomi Soeharto Jadi Koleksi Anthon Novianto

Dari sekian banyak mobil balap bersejarah yang terparkir di dalam rumahnya, Mazda RX-7 SA22C, cukup menyita perhatian Tim Liputan6 saat bertandang ke Rumah 7A milik Anthon Novianto.

Liputan6.com, Jakarta - Dari sekian banyak mobil balap bersejarah yang terparkir di dalam rumahnya, Mazda RX-7 SA22C, cukup menyita perhatian Tim Liputan6 saat bertandang ke Rumah 7A milik Anthon Novianto.

Mobil yang terparkir di dalam rumah ini memang cukup menjadi perhatian. Pasalnya, warna biru yang membalut mobil balap ini serta tulisan Mazda di ujung kap menjadi salah satu hal yang begitu menarik perhatian. Begitupun dengan bodinya secara keseluruhan, sportscar lansiran Jepang ini dibekali dengan desain yang begitu atletis.

Berdasarkan penuturan pemiliknya, mobil yang berkelir biru ini memiliki sejarah yang cukup penting dalam ajang balap mobil touring di Indonesia. Tidak hanya dari mobilnya saja yang langka, tetapi, sosok yang pernah mengemudikan mobil ini juga menjadi sejarah tersendiri.

"Ini adalah Mazda RX-7 SA22C generasi pertama yang memang cuma ada satu di Indonesia. Mobil ini datang dengan spesifikasi khusus balap dan tim balap Mazda saat itu membeli langsung dari Jepang," buka Anthon, menjawab pertanyaan Tim Liputan6, saat berbincang di kediamannya.

Tampilan lampu depannya yang mengusung model fliptop, menjadi ciri khas dari model RX-7. Terlebih dengan adanya sirip-sirip udara di bagian kap mesin dan fender bagian atas, memberikan identitas bahwa ini memang mobil balap yang membutuhkan asupan udara untuk mereduksi panas yang dihasilkan mesin.

Melongok spesifikasinya, mobil yang diproduksi dari tahun 1978 hingga 1980 ini dibekali dengan mesin rotary 13B Dy Sump berkapasitas 1.3 liter dan mampu memproduksi tenaga sebesar 135 tk dan torsi puncak 180 Nm.

"Tapi untuk mobil yang ini, saya belum bisa make sure pakai mesin yang mana. Tapi setahu saya ini kode mesin 13B dry sump, dan yang sekarang ini juga mesinnya masih saya rapihkan lagi, karena ada beberapa part yang harus di-rebuild lagi," tambah Anthon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Digeber oleh Hutomo Mandala Putra

Dalam eksistensinya di balap Tanah Air, menurut Anthon Mazda RX-7 SA22C ini pernah digunakan oleh beberapa tokok balap nasional. Bahkan, putra mendiang Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau yang dikenal dengan Tommy, juga pernah menggeber mobil ini di atas sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

"Beberapa nama yang saya tahu dan pernah pakai mobil ini adalah Hutomo Mandala Putra atau pak Tommy, lalu ada Ferry Asmasoebrata, Pak Tinton Soeprapto, dan Beng Siswanto," beber Anthon.

Sebagai arsipnya di kemudian hari, Anthon, juga mengoleksi beberapa dokumentasi berupa foto yang kemudian dicetak dan diletakkan di dinding garasinya. Foto-foto dokumentasi tersebut terlihat mobil ini pernah tiga kali berganti warna, mulai dari warna pertamanya merah muda, putih, dan yang terakhir adalah biru metalik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.