Sukses

Supercar Hybrid Ferrari 296 GTB Resmi Meluncur di Indonesia

Pencinta supercar di Indonesia semakin dimanjakan dengan kehadiran Ferrari 296 GTB.

Liputan6.com, Jakarta - Pencinta supercar di Indonesia semakin dimanjakan dengan kehadiran Ferrari 296 GTB. Peluncuran 296 GTB dibarengi dengan peresmian diler terbaru Ferrari Eurokars di Jakarta Pusat.

Ferrari 296 GTB merupakan model bermesin V6 pertama yang pabrikan Italia ini produksi, sejak Dino 246 yang terakhir diproduksi tahun 1974. Tren downsizing dan hibridisasi ikut disambut oleh Ferrari lewat model ini. Namun meski mengecil kapasitasnya, mesin dan powertrain 296 GTB menawarkan performa yang ganas selayaknya sebuah Ferrari.

Mesin V6 yang diusungnya punya kapasitas 2.9 liter turbo, dipadukan oleh sistem hybrid yang terdiri dari baterai lithium-ion 7,45 kWh dan motor listrik di poros roda belakangnya. Tidak seperti SF90 Stradale, mobil ini hanya menggerakkan roda belakangnya. Total output yang bisa dimuntahkan dari powertrain hybrid ini adalah 819 hp (830 ps) dan 740 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dicapai dalam 2,9 detik.

Roda belakang mendapatkan saluran output dari mesin melalui transmisi otomatis 8-speed yang dioperasikan via paddle-shifter. Sementara teknologi hybrid yang berformat plug-in (PHEV) ini bisa dimanfaatkan untuk berkendara hanya menggunakan tenaga listrik sampai sejauh 25 kilometer. Kecepatan yang bisa dicapai dengan motor listriknya saja bahkan bisa tembus 120 km/jam. Regenerasi energi dari mobil ini menggunakan MGU-K (motor generator unit – kinetic) yang diadopsi dari Formula 1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penuh dengan Serat Karbon

Seluruh body luar 296 GTB terbuat dari material serat karbon. Desain Garapan Flavio Manzoni ini membuat aliran aerodinamikanya seefisien mungkin untuk hasilkan downforce saat dipacu. Salah satu revolusi desainnya adalah “tea tray” atau spoiler di bagian bawah moncongnya untuk mengalirkan angin dan hasilkan downforce di bagian depan.

Visual dari desain eksteriornya terinspirasi dari beberapa model klasik dan bersejarah Ferrari di masa lalu. Mayoritas siluetnya diklaim mengikuti gaya desain Ferrari 250 LM. Namun ada salah satu bagian yang justru mirip dengan Ferrari Enzo, yaitu pada garis jendela sampingnya. Sementara interiornya sudah dipenuhi oleh digitalisasi dan haptic touch, seperti dipelopori SF90 dan Roma.

Ferrari sudah membuka pemesanan dan penjualan untuk 296 GTB di pasar Indonesia. Walaupun mengandalkan mesin lebih kecil dan sistem hybrid, dijanjikan bahwa 296 GTB tetap bisa menyajikan performa dengan karakter khas Kuda Jingkrak yang spesial. 296 juga menjadi awal dari rangkaian model generasi baru Ferrari yang bukan hanya kencang dan canggih, tapi juga ramah lingkungan. Sayangnya harga untuk pasar Indonesia tidak diumumkan oleh Ferrari Eurokars. (WHY/TOM)

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.