Sukses

Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Sedan Ioniq 6, Berharap Kalahkan Tesla

Hyundai Motor Co resmi meluncurkan sedan listrik pertamanya, Ioniq 6

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Motor Co resmi meluncurkan sedan listrik pertamanya, Ioniq 6. Model ini, akan dijadikan senjata utama pabrikan Korea Selatan untuk membantu meraih pangsa pasar kendaraan listrik yang lebih besar, dan mengalahkan Tesla.

Dikutip dari Reuters, Ioniq 6 merupakan salah satu dari lebih dari 31 model listrik Hyundai Group (Hyundai, Kia, dan Genesis) yang akan diperkenalkan hingga 2030.

Sedan listrik Hyundai ini, akan memperluas jangkauan model kendaraan listrik di luar crossover dan SUV, dan bersaing dengan mobil terlaris Tesla Model 3.

Hyundai dan Kia sendiri, menjadi pabrikan kendaraan listrik kedua secara global, tidak termasuk untuk pasar China pada Januari hingga Mei 2022. Pangsa pasar dari dua merek Negeri Ginseng ini, sebesar 13,5 persen, dengan pesaing utama Tesla sebesar 22 persen. Demikian data yang dilansir SNE Research.

Hyundai Ioniq 6 akan dibanderols ekitar 55 juta won hingga 65 juta won, untuk pasar Korea Selatan.

"Ioniq 6 akan mampu bersaing dengan Tesla di sektor sedan EV, mengingat harga yang kompetitif dan jarak tempuh yang jauh," ujar Lee Jae-il seorang analis dari Eugene Investment & Securities.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paket Baterai

Hyundai ioniq 6 dapat memanfaatkan harganya di pasar sedan EV, karena Tesla sendiri telah menaikan harga beberapa kali. Sedan listrik Hyundai ini akan memiliki jarak tempuh sekitar 610 km, sekitar 30 persen lebih jauh dari Ioniq 5.

"Kami menggunakan bahan kimia sel (baterai) yang sama, tapi kami memaksimalkan jumlah baterai per kemasan, meningkatkan kepadatan energi secara signifikan," kata Kim Yong Wha, Wakil Presiden Eksekutif Hyundai.

Hyundai ioniq 6 akan datang dalam dua pilihan paket baterai, 53 kilowatt per jam (kWh) dan 77,4 kWh, serta akan mulai produksi di pabrik Asan, Korea Selatan akhir 2022, kata Hyundai.

Ioniq 6 akan tersedia di Korea Selatan tahun ini, dan peluncuran untuk pasar AS diharapkan pada kuartal pertama 2023.

Hyundai mengatakan Ioniq 6 yang diluncurkan tahun ini akan menggunakan baterai dari SK Innovation. Sedangkan baterai dari LG Energy Solution akan digunakan mulai tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.