Sukses

Ganti Pelek Wuling Air ev Bisa Gugurkan Garansi

Ukuran ban yang digunakan Wuling Air ev bisa dibilang tidak umum seperti kebanyakan mobil yang diniagakan di Tanah Air. Peleknya berdiameter 12 inci dan dibalut ban berukuran 145/70

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Air ev bakal menjadi mobil listrik terbaru yang akan beredar di pasar otomotif Indonesia. Mobil listrik ini memiliki postur tubuh yang mungil.

Ukuran ban yang digunakan Wuling Air ev bisa dibilang tidak umum seperti kebanyakan mobil yang diniagakan di Tanah Air. Peleknya berdiameter 12 inci dan dibalut ban berukuran 145/70.

Mengadopsi model pelek kaleng dan diberi penutup atau dop untuk memberikan kesan lebih menarik.

Lalu apa yang akan terjadi jika pemilik Wuling Air ev nanti nekat menggantinya dengan pelek aftermarket yang ukurannya lebih besar untuk meningkatkan tampilan Air ev?

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menyatakan, pihaknya tidak menganjurkan konsumen untuk mengganti roda Air ev karena hal itu bisa berpotensi menggugurkan garansi pabrikan.

"Mengganti ban di luar rekomendasi APM (agen pemegang merek) pasti garansinya hilang," terangnya saat ditemui di bilangan Pondok Indah, Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Lebih lanjut ia menyampaikan, ada beberapa dampak teknis jika roda asli diganti dengan produk aftermarket.

"Dampak teknis penggantian pelek itu berpengaruh pada jarak tempuh atau konsumsi energinya, lalu kenyamanan, dan suspensi," ujar Danang.

Dirinya juga menjelaskan bahwa ban bawaan ATPM sudah terlibat dalam proses desain kendaraan itu sendiri.

"Jadi semua sudah dihitung. Kalau diganti yang aftermarket kan tidak dihitung berdasarkan spesifikasi kendaraannya jadi risikonya tidak terjamin dalam coverage warranty-nya," jelas Danang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Dilengkapi Ban Cadangan

Sekadar informasi, Air ev ini tidak dilengkapi dengan ban cadangan. Wuling hanya menyediakan tire kit atau repair kit.

"Sesuai regulasi yang baru, boleh tidak ada ban cadangan asalkan ada repair kit, jadi kami siapkan repair kit-nya," tutur pria yang piawai memainkan alat musik saxophone itu.

Terkait ban Air ev yang berukuran mungil, Danang meminta konsumen agar tidak terlalu mengkhawatirkannya karena Wuling sudah menjamin ketersediannya.

"Kalau spare part kami pasti available. Apalagi ban sebagai part consumable yang sering diganti," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.