Sukses

Hyundai Stargazer Dibekali Fitur Bluelink, Ini Fungsinya

Meski belum dirilis secara resmi, informasi mengenai Hyundai Stargazer terus diumbar PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Salah satu fitur yang bakal dibenamkan pada mobil ini adalah Connected Car Service Hyundai Bluelink.

Liputan6.com, Jakarta - Meski belum dirilis secara resmi, informasi mengenai Hyundai Stargazer terus diumbar PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Salah satu fitur yang bakal dibenamkan pada mobil ini adalah Connected Car Service Hyundai Bluelink. 

BlueLink adalah teknologi konektivitas yang memungkinkan pemilik Hyundai untuk terhubung dan memiliki akses penuh ke kendaraannya lewat telepon genggam. Seperti Creta, fitur ini mendukung keamanan, kenyamanan dan aktivitas penggunanya.

“Sebagai perwujudan visi Hyundai sebagai game-changer di dunia otomotif Indonesia, serta bukti nyata komitmen Hyundai dalam berinovasi, kami kembali menghadirkan Connected Car Services-Hyundai Bluelink untuk Hyundai Stargazer. Kehadiran Bluelink ini ditujukan untuk dapat memberi keamanan dan kenyamanan lewat fitur-fitur yang tersemat di Bluelink bagi pengguna Stargazer nantinya,” ucap Makmur, Chief Operating Officer PT HMID dalam keterangannya, (12/7).

Fitur Bluelink salah satunya menambah pengalaman berkendara aman bagi pengguna Stargazer. Fitur utamanya antara lain adalah auto collision notification (ACN), tombol SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA).

ASN memberitahu lokasi serta informasi pemilik kendaraan kepada Pusat Bantuan Hyundai ketika mengalami kecelakaan atau terdeteksi mengembangnya airbag.

Nantinya, operator akan menerjemahkan pemberitahuan itu dan mengirim unit medis maupun unit yang dibutuhkan lainnya ke lokasi pengemudi.

Pengemudi juga bisa menggunakan tombol SOS yang terletak di tengah langit-langit Stargazer. Tombol ini langsung menghubungkan dengan operator di Pusat Bantuan Hyundai, kemudian pengemudi mengutarakan kebutuhannya langsung dari dalam kendaraan tanpa harus kesulitan mencari dan menghubungi lewat telepon genggam.

Pada Stargazer nantinya hadir mikrofon yang menghadap ke arah pengemudi dan penumpang untuk memperjelas suara serta mempermudah koordinasi. Sebagai tambahan, fitur RSA tersedia untuk melayani kebutuhan darurat 24 jam.

Seperti Creta, Bluelink milik Stargazer juga mendapatkan fitur Stolen Vehicle Notification dan Stolen Vehicle Tracking. Fitur ini beroperasi saat upaya pencurian kendaraan sedang terjadi dengan mengirimkan notifikasi ke telepon genggam pemilik. Setelahnya pemilik kendaraan dapat mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka.

Lebih jauh, Hyundai juga punya Stolen Vehicle Immobilization. Ini adalah layanan yang dapat menghubungi operator dan meminta mobil dicuri untuk segera diberhentikan pengoperasiannya sementara waktu.

Fitur Bluelink lainnya adalah pelaporan kondisi kendaraan lewat Manual/Automatic Diagnostic Report. Bertugas melaporkan secara otomatis hasil diagnosa jika terjadi kejanggalan pada mobil.

Kemudian ada Driving Information and Vehicle Health Report yang menyediakan laporan bulanan atas berbagai aktivitas dilakukan mobil. 

Lalu Vehicle Status Check/Notification akan membantu menginformasikan kondisi perawatan mobil dalam bentuk notifikasi pada aplikasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Harga

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan, Hyundai Bluelink juga akan memberikan izin pada pemilik kendaraan untuk mengakses fitur dasar mobil. Beberapa di antaranya Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil lewat Find My Car.

Hyundai masih akan memberikan informasi terkait Stargazer menjelang debut perdana. Beberapa informasi yang sudah diketahui, Hyundai sudah memperlihatkan fitur-fitur di interiornya seperti captain seat, wireless charging, cruise control dan mode berkendara.

Beberapa informasi ini menjadi pelengkap informasi sekilas yang diperlihatkan Hyundai lewat gambar teasernya beberapa waktu lalu. Hyundai menghadirkan desain sleek one box dengan tampilan horizontal DRL dan lampu belakang bentuk H.

Interiornya juga menawarkan berbagai ruang penyimpanan untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan. Menariknya, fitur Bluelink dan Hyundai SmartSense juga dipastikan tersedia.

Pemesanan Stargazer sudah mulai dibuka dengan booking fee Rp5 juta. Nantinya akan ada empat trim: Active, Trend, Style, dan Prime sebagai varian teratas. Pilihan transmisinya manual dan otomatis.

Beberapa tenaga penjual Hyundai mengungkapkan informasi berdasarkan NJKB yang sudah muncul di situs resmi. Lalu dibuat perkiraan harga. Misal varian Active M/T dibanderol Rp228,5 jutaan, Active A/TRp241,7 jutaan.

Trend M/T  Rp246,1 jutaan dan varian otomatisnya Rp259,3 jutaan. Varian Style hanya transmisi otomatis diperkirakan Rp278,4 jutaan dan varian Prime Rp297,5 jutaan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini