Sukses

Tips Mencari Busi yang Sesuai dengan Spesifikasi Kendaraan

Salah satu hal yang cukup menyulitkan saat membeli busi adalah menentukan tipe dan kode yang sesuai dengan kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang cukup menyulitkan saat membeli busi adalah menentukan tipe dan kode yang sesuai dengan kendaraan. 

Permasalahan seperti ini sebenarnya lumrah terjadi. Sebab, setiap busi memiliki spesifikasi beserta tipe dan kode-kodenya sendiri.

Pemilihan kode dan tipenya pun harus tepat karena sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan. Bila saja salah pilih, risikonya tentu performa kurang maksimal atau malah berpotensi bikin kantung jebol.

Apalagi, tipe busi pun beragam, mulai nikel, platinum, iridium, laser atau pun racing.

Nah, untuk menemukan busi yang cocok caranya cukup gampang. PT NGK Busi Indonesia contohnya punya fitur yang disebut dengan Part Finder.

Fitur ini sekaligus bisa menjawab keresahan konsumen yang sering bingung dengan tipe busi kendaraannya.

Begini cara kerjanya:

1. Buka dulu https://www.ngkbusi.com/partfinder

2. Di situ disajikan pilihan "Mobil" atau "Motor". Pilih sesuai kendaraanmu.

3. Misalkan saja Kamu hendak memilih Toyota Kijang Innova. Prosesnya, cari dulu merek Toyota.

4. Kemudian pilih model Kijang Innova. Dari situ akan ditunjukkan tahun produksinya, misalnya 2004-2014.5. Lanjut pilih kubikasi mulai dari 2.000cc dan 2.700cc.

Setelah selesai, fitur ini akan menyajikan data komplet terkait busi yang cocok untuk kendaraan Kamu.

Misalkan saja Toyota Kijang Innova keluaran tahun 2004-2014 dengan mesin 2.000cc. Mobil ini diketahui memiliki kode mesin 1TRFE.

Maka busi yang direkomendasikan ialah LFR6C-11 untuk Nickel Alloy, LFR6CGP untuk G-power dan LFR6AIX-11 bagi yang berminat dengan NGK Iridium IX.

Sedangkan untuk busi tertingginya bisa memakai DILFR6D8 yang merupakan jenis NGK Laser Iridium.

Nah, yuk dicoba!

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Istilah Long Reach pada Busi Sepeda Motor

Tingginya peminat sepeda motor tidak terlepas dari kebutuhan mobilitas masyarakat di Indonesia. Selain itu, harga sepeda motor terbilang ramah di kantong, sesuai dengan pilihan dan selera.

Nah, dari sekian komponen motor, satu spare part yang tidak boleh absen, terutama untuk motor matic, adalah busi atau spark plug.

Fungsi utamanya ialah memantikkan api untuk memicu pembakaran di dalam silinder yang kemudian dikonversi menjadi tenaga. Busi sendiri ada banyak sekali macamnya, salah satunya merek NGK yang sudah fasih ditemukan di pasaran.

Ada satu busi NGK yang menarik perhatian dengan tipe Laser Iridium LMAR8BI-9.

Busi ini biasa digunakan untuk motor matik bongsor seperti Yamaha Xmax.

Menurut buletin teknis yang dipublikasikan PT NGK Indonesia bulan Mei 2020 lalu, maksud fitur long reach ini adalah ulirnya yang cukup panjang, mencapai 26,5 mm.

Penggunaan ulir panjang itu diklaim mampu meningkatkan efisiensi pada ruang bakar dengan penampang pendinginan lebih besar, utamanya untuk motor dengan performa tinggi (kapasitas besar - kompresi ruang bakar tinggi).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.