Sukses

Tak Banyak Pabrikan Jepang yang Mejeng di Pameran Kendaraan Listrik Garapan Periklindo, Ini Alasannya

Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 siap digelar 22 sampai 31 Juli 2022, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat

Liputan6.com, Jakarta - Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 siap digelar 22 sampai 31 Juli 2022, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Gelaran ini, akan diikuti oleh pabrikan yang memiliki model listrik, termasuk industri pendukungnya, seperti komponen dan juga pengisian baterai.

Namun, dari semua peserta, minim merek Jepang, dengan dominasi pabrikan Cina, seperti Wuling dan DFSK. Dari keterangan resmi penyelenggara, yaitu Dyandra Promosindo, praktis hanya Mitsubishi Fuso yang tercatat sebagai peserta, dan akan memperkenalkan truk listrik.

Moeldoko, Ketua Umum Periklindo menjelaskan, pameran ini memang dikhususkan untuk kendaraan listrik dengan baterai murni. Dan saat ini, seperti diketahui, pabrikan Jepang di Indonesia masih sedikit yang memiliki line-up tersebut, dan hanya Nissan yang telah menjual mobil listrik murni, yaitu Leaf.

"Ya, khusus kendaraan listrik murni (PEVS 2022)," ujar Moeldoko, di sela-sela konferensi pers PEVS 2022, di Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Rudy MF, General Manager Dyandra Promosindo, sebagai pihak penyelenggara mengatakan, pihaknya telah melakukan penawaran terkait pameran ini kepada merek-merek Jepang tesebut. Namun, memang semuanya kembali ke merek yang bersangkutan, bersedia berpartisipasi atau tidak.

"Karena di Periklindo, yang diajak itu yang berbasis BEV atau baterai bukan hybrid atau plug-in hybrid. Memang di tahun pertama, persiapan yang ready merek yang hadir," tegas Rudy di kesempatan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta pameran

Sebagai informasi, selama 10 hari pameran nanti, perhelatan PEVS 2022 diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik dan juga menjadi sarana bagi produsen otomotif lokal untuk menyemarakkan industri kendaraan listrik sesuai dengan fokus pemerintah, mengedepankan produk lokal.

PEVS 2022 akan diikuti oleh sederet merek roda empat mulai dari penumpang seperti DFSK, Wuling, hingga kendaraan komersial seperti bus MAB hingga line-up truk listrik dari Fuso.

Sedangkan dari lini kendaraan roda dua dan kendaraan niaga diikuti oleh Erolis, Nozomi, Rakata, Smoot EV dan Trolis serta brand komponen pendukung kendaraan listrik seperti Birubatt, Fixio, dan Oyika hingga sederet produk lokal akan unjuk gigi menampilkan inovasi yang mereka miliki.

Tidak ketinggalan, perusahaan BUMN yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga ikut mendukung penuh acara ini sebagai sponsor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.