Sukses

Daihatsu Sigra Baru Masih Belum Dilengkapi AC Double Blower, Ini Alasannya

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah resmi meluncurkan model baru dari LCGC MPV andalannya, Sigra

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah resmi meluncurkan model baru dari LCGC MPV andalannya, Sigra. Mendapatkan penyegaran dari segi eksterior dan interior, mobil kembaran dari Toyota Calya ini juga mengalami peningkatan harga, hingga yang termahal tembus Rp 174,7 juta (OTR DKI Jakarta).

Namun, dengan statusnya sebagai mobil keluarga, meskipun memiliki harga yang diklaim masih terjangkau, Daihatsu Sigra ini belum disematkan fitur AC double blower. Jadi, kendaraan ini masih mengandalkan Air Cilculator sebagai sistem pendingin di baris kedua hingga ketiga.

Marketing Product 2 Departement Head PT ADM, Haria Wicaksono menjelaskan, memang belum ada kebutuhan konsumen untuk fitur AC double blower.

"Ketika merancang suatu produk, faktor utama kita adalah mempertimbangkan suara konsumen. Kita cek dari hasil riset kita, mayoritas alasan membeli Daihatsu Sigra, yang pertama adalah harga, kedua culture function, dan setelah itu styling eksterior dan interior," jelas Iwan, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, ketika ditambahkan fitur AC double blower, tentu saja akan berpengaruh terhadap kenaikan harga jual. Kemudian, banderol LCGC juga dibatasi, dan faktor penambahan fitur harus dilihat secara detail, dan jika sudah begitu dampaknya harga akan melebihi batas yang sudah ditentukan pemerintah.

"Dengan alasan tersebut, pada saat ini kami masih mengakomodir harga, sehingga masih tetap menjadi best value. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ke depannya, tren konsumen berubah dengan yang utama adalah double blower, ke depannya pasti kami akan pertimbangkan suara konsumen tersebut," tambah Iwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan lain

Sementara itu, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) juga mengutarakan hal yang serupa.

Di segmen LCGC ini, memang yang paling utama adalah harga terjangkau, dan bisa saja ada penambahan fitur, tapi pasti memengaruhi harga jual.

"Dengan model yang sekarang saja, Sigra itu peminatnya masih cukup tinggi, indennya juga masih sangat banyak. Mungkin suatu saat apabila daya belinya naik, bisa saja (penambahan AC double blower)," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.