Sukses

Minimalisir Kecelakaan, Bus Trans Padang Dilengkapi Teknologi Keselamatan Canggih

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan transportasi umum, seperti bus memang masih sering terjadi

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan transportasi umum, seperti bus memang masih sering terjadi. Bahkan, kerugian akibat hal tersebut cukup besar, hingga menyebabkan meninggal dunia.

Melihat hal tersebut, layanan transportasi di kota Padang kini memasuki babak baru dengan peluncuran unit armada Trans Padang yang makin canggih, dengan dengan perangkat Internet of Things TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet yang dapat meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

Peluncuran Koridor V Trans Padang rute Ruang Terbuka Hijau (RTH), Imam Bonjol - Indarung diselenggarakan hari di GSG PT Semen Padang, yang dihadiri oleh Presiden Direktur TKDN, David Santoso, Walikota Padang, Hendri Septa, Kadishub Kota Padang, Yudi Indra Sani dan Plt. Direktur Utama Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Rico Rahmadian Albert.

"Koridor V ini telah disediakan 10 unit bus Trans Padang, dan akan terus ditambah untuk memaksimalkan pelayanan transportasi publik," ujar Walikota Padang, Hendri Septa, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (8/7/2022).

Sementara itu, Presiden Direktur TKDN, David Santoso mengatakan pihaknya bekerjasma dengan operator Trans Padang untuk alat-alat Internet of Things TKDN Advance Mobility (TAM) Fleet.

"Alat tersebut, berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi yang terbukti meningkatkan keselamatan armada," tambah David Santoso.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan teknologi keselamatan

PT TKDN bersama dengan Operator BUMD Padang Sejahtera Mandiri (PSM), melakukan kerja sama untuk penyediaan perangkat telematika berbasis IoT (TAM Fleet) di armada Trans Padang, beberapa alat IoT diantaranya MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Rearcam dan Blackbox.

Kedua pihak sepakat untuk melakukan kerjasama selama satu tahun untuk perangkat IoT TAM Fleet dan termasuk layanan platform fleet management system untuk pengawasan dan dashboard laporan perjalanan armada.

Sebagai informasi, Trans Padang beroperasi setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB dengan tarif Rp 1.500 untuk anak-anak dan dan Rp 3.000 untuk umum atau orang dewasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini