Eksklusif, Interior Toyota Kijang Innova dan Alphard Dibalut Batik Iwan Tirta

Oleh Septian Pamungkas pada 07 Jul 2022, 20:10 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 20:10 WIB
Auto2000
Perbesar
Auto2000 berkolaborasi dengan maestro batik Indonesia, Iwan Tirta, dalam menghadirkan aksesori edisi khusus berupa kain batik pada interior Toyota Kijang Innova dan Toyota Alphard. (Septian / Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Auto2000 berkolaborasi dengan maestro batik Indonesia, Iwan Tirta, dalam menghadirkan aksesori edisi khusus berupa kain batik pada interior Toyota Kijang Innova dan Alphard. Unit dengan aksesori bertema Amarga Branandaru ini ditawarkan secara terbatas.

Disebutkan, Auto2000 hanya menyediakan 65 unit Toyota Kijang Innova dengan aksesori khusus ini. Sementara untuk Alphard tidak disebutkan secara gamblang.

"Ini berkaitan dengan 65 tahun Astra. Kenapa tidak lebih? Kami sengaja membatasinya untuk eksklusivitas," terang Chief Executive Auto2000 T. Martogi Siahaan di Auto2000 Sudirman, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

"Sementara untuk unit Alphard sampai saat ini kami belum menetapkan angka seberapa banyak, tetapi kami juga sadar kami tidak dapat men-deliver Alphard dalam jumlah banyak karena indennya saja bisa sampai 3-4 bulan," tambahnya.

 

Batik
Perbesar
Motif batik pada trim pintu Toyota Kijang Innova 2.0V A/T Luxury Heritage Edition. (Septian / Liputan6.com)

Dirinya juga menyebutkan, Kijang Innova dipilih karena merupakan ikon khas Indonesia dengan sejarah peluncuran yang sangat sukses.

Hal ini tentu sejalan dengan tema batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO pada 2009 sebagai world heritage.

"Sementara Alphard dipilih karena memiliki brand image yang kuat sebagai produk premium yang menjadi dambaan keluarga Indonesia, hal ini juga sejalan dengan batik Iwan Tirta sebagai karya kontemporer premium yang dibuat dari bahan mewah dan pengerajin andal dengan standar tradisi yang tinggi," jelas Martogi.

Batik
Perbesar
Motif batik menghiasi jok Toyota Kijang Innova 2.0V A/T Luxury Heritage Edition. (Septian / Liputan6.com)

Lebih lanjut Martogi menyebutkan, tema besar aksesori hasil kolaborasi ini, yakni Amarga Branandaru diambil dari bahasa Sanskerta. Dirinya menjelaskan, Brana dan Andaru memiliki arti harta yang berharga, sedangkan Amarga berarti karya cipta.

"Jadi ini sebagai karya cipta, harta yang berharga sekaligus legacy dan bisa diartikan sebagai sesuatu yang paling berharga dalam diri kita, yaitu keluarga," ujar Martogi.

Dibuat dari bahan dasar katun kualitas terbaik, kain batik karya Iwan Tirta disematkan pada seat cover, neck cushion, cushion, dan door trim, serta stiker eksklusif di exterior Kijang Innova.

 


Harga

batik
Perbesar
Interior New Alphard 2.5 G A/T Heritage Edition dengan batik karya Iwan Tirta. (Septian / Liputan6.com)

Sedangkan untuk New Alphard, aksesori yang disematkan berupa head rest cover, cushion dan tumbler.

Chief Executive Iwan Tirta Private Collection Widiyana Sudirman menyebut, desainnya menampilkan motif Kukilo Sapanti yang berasal dari bahasa Jawa.

Kukilo berarti Burung yang diwujudkan dalam tarian tradisional Jawa, dan Sapanti berarti sepasang.

"Di dalam Innova kami menggunakan warna dasar hitam dengan motif putih dan abu-abu, sehingga akan terasa color yang lebih monochrome. Untuk Alphard kami menggunakan konsep less is more jadi ada beberapa area-area di aksesori yang kami tempatkan dengan motif Kukilo Sapanti," tutur Widiyana.

Disebutkan, unit Alphard dengan aksesori edisi khusus ini diproduksi melalui mekanisme pre-order yang akan dibuka sampai dengan 6 Agustus 2022.

Perlu diketahui, unit yang ditawarkan pada produk kolaborasi ini adalah Kijang Innova 2.0 V A/T Luxury dan New Alphard 2.5 G A/T dengan tambahan label Heritage Edition untuk menguatkan identitasnya.

Menyoal harga, Kijang Innova 2.0V A/T Luxury Heritage Edition dibanderol Rp 461,2 juta, sedangkan New Alphard 2.5 G A/T Heritage Edition Rp 1,348 miliar. Angka tersebut hanya selisih Rp 12 juta dan Rp 16 juta dari varian standarnya.

Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah
Perbesar
Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya