Sukses

Tahukah Anda, Ini Orang Pertama di Dunia yang Kena Tilang di Jalan

Bagi pengguna kendaraan, tilang seperti menjadi momok yang menakutkan saat berada di jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna kendaraan, tilang seperti menjadi momok yang menakutkan saat berada di jalan. Saat diketahui melanggar lalu lintas, pihak kepolisian pasti akan melakukan tilang kepada pengendara motor ataupun pengemudi mobil.

Namun, tahukah Anda orang pertama di dunia yang kena tilang di Jalan?

Dikutip dari Guinness World Record dan Historic-UK, orang pertama yang ditilang bernama Walter Arnold pada 28 Januari 1896.

Saat itu, Walter yang tengah mengendarai Benz miliknya di jalan pedesaan Paddock Wood,Kent, Inggris melaju dengan cukup cepat. Menyadari hal tersebut, polisi yang tengah bertugas di daerah tersebut, kemudian mengejar menggunakan sepeda kurang lebih 5 km.

 

Kemudian, setelah tertangkap, Walter dikenai penindakan dan pemberian surat tilang.

Dalam keterangannya, Walter ternyata melanggar batas yang berlaku maksimal 3 km/jam. Saat itu, Walter ternyata memacu roda empatnya hingga 13 km/jam.

Tidak hanya melanggar batas kecepatan, Walter juga melanggar aturan lain, yaitu menggunakan lokomotif atau kendaraan dengan mesin tanpa kuda di jalan umum, digunakan kurang dari 3 orang, dan tidak mencantumkan nama dan alamatnya di lokomotif.

Setelah itu, Walter Arnold kemudian menghadap hakim lokal, pada 30 Januari 1896, dan dinyatakan bersalah dengan empat dakwaan tersebut. Ia didenda sebesar 47 shiling atau 260 poundsterling yangs etara dengan Rp 4,9 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berusia 120 Tahun, Ini Mobil Balap Pertama Mercedes

Mercedes Benz adalah salah satu perintis industri otomotif dunia, termasuk di dunia balap. Sejak tahun 1894 di ajang Rouen Race, keikutsertaannya di kancah balap dunia kini telah menginjak usia 120 tahun.

Melansir laman Worldcarfans, Selasa (15/7/2014), Mercedes Benz awalnya mengikuti ajang balap tersebut lewat dua mobil mereka. Kedua mobil tersebut masing-masing diproduksi oleh Daimler dan Benz.

Sayangnya, ajang balap Rouen Race ini tak berujung manis bagi Benz, karena hanya menduduki posisi kelima. Sementara itu, mobil dari Daimler mampu meraih juara dan berhak atas hadiah 5 ribu franc.

Namanya kendaraan jadul, kedua mobil yang mengikuti ajang balap ini hanya mengusung mesin uap dengan output tenaga hanya 3,5 PS.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.