Penampakan dan Detail Spesifikasi Motor Listrik Ducati V21L

Oleh Arief Aszhari pada 04 Jul 2022, 20:04 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 20:04 WIB
Motor Listrik Ducati V21L (Autocar India)
Perbesar
Motor Listrik Ducati V21L (Autocar India)

Liputan6.com, Jakarta - Detail sepeda motor listrik Ducati V12L telah muncul. Kendaraan ramah lingkungan ini, akan dipacu di gelaran MotoE mulai tahun depan.

Disitat dari Autocar India, Senin (4/7/2022), proyek motor listrik Ducati V12L ini dibuat untuk menjadi pelopor roda dua listrik jalan raya dari pabrikan yang berbasis Borgo Panigale.

Paket baterai bisa dibilang bagian paling integral dari powertrain sepeda motor listrik, dan Ducati memiliki unit 18 kWh yang sangat besar. Baterainya sendiri memiliki berat 110 kg (dengan keseluruhan berat sepeda listrik sebesar 225 kg) dengan bagian buritan memiliki soket pengisi daya 20 kWh yang terintegrasi.

Sedangkan motor listrik penggerak kendaraan ini, memiliki bobot 21 kg dan diklaim mampu menghasilkan daya 150 tk dan torsi 140 nm, dengan 18 ribu rpm. Putaran motor ini, bahkan lebih tinggi dari motor sport 600cc dari Jepang.

Ducati mengatakan, sistem pendingin menggunakan desain sirkuit ganda yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan termal dari paket baterai dan unit inverter. Bahkan, pabrikan asal Italia ini mengklaim baterai tidak perlu menunggu hingga dingin, untuk memulai proses pengisian.

baterai dapat diisi segera setelah motor memasuki pit, dan membutuhkan sekitar 45 menit untuk mencapai 80 persen dari jangkauan yang diklaim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Performa dan Bobot

Ducati telah mengklaim prototipe MotoE telah mencapai kecepatan tertinggi sebesar 275 k/jam di sirkuit Mugello.

Sementara Ducati belum menyebutkan angka jangkauan, terlihat dari penggunaan yang dimaksudkan bahwa ia harus dapat menyelesaikan balapan MotoE dengan sekali pengisian daya. Balapan MotoE biasanya memiliki panjang sekitar 35km.

Terkait desain lain, motor ini dibangun dengan frame monocoqu depan alumunium, dengan berat hanya 3,7 kg, dan tidak berbeda dengan yang ditemukan Ducati Panigale V4 versi jalanan.

Selubung serat karbon baterai di Ducati V21L berfungsi sebagai bagian rangka yang tertekan.

Swingarm belakang juga telah dibuat dengan pembelajaran dari prototipe balap Desmosdeci yang digunakan di MotoGP. Sementara keseluruhan bagian motor terbuat dari alumunium sehingga bobotnya hanya 4,8 kg.

 

 

Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya