Alasan MPV dan SUV Masih Jadi Penguasa Pasar Mobil di Indonesia

Oleh Arief Aszhari pada 03 Jul 2022, 20:16 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 20:16 WIB
All New Toyota Avanza dan Veloz Resmi Meluncur
Perbesar
All New Toyota Avanza dan Veloz Resmi Meluncur (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Dua segmen yang tengah berkembang pesat saat ini di Indonesia, adalah multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV). Tidak heran, banyak pabrikan otomotif yang beroperasi di Tanah Air, berlomba-lomba mengembangkan kendaraan jenis tersebut.

Pengamat otomotif dan akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menjelaskan, ada alasan kuat kenapa MPV dan SUV masih sangat diterima masyarakat.

MPV sebagai ceruk pasar terbesar, masih berada di kelompok generasi baby boomers yang mementingkan kendaraan dengan membawa keluarga besarnya.

Sedangkan segmentasi generasi milenial memiliki kemiripan dari karakteristik baby boomers.

"Preferensi pribadi generasi milenial masih mempertimbangkan keserbagunaan kendaraan yang dapat mengangkut banyak hal. Walaupun sebenarnya frekuensi untuk itu sangatlah kecil," terang Yannes, dikutip dari Antara, Minggu (3/7/2022).

Sedangkan SUV yang memiliki tiga baris bangku atau dengan kapasitas tujuh penumpang, digemari oleh kedua generasi (milenial dan baby boomers) dari sisi interior yang di dalamnya memiliki fleksibilitas dan ruang kargo yang lebih besar daripada MPV.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


SUV Kecil

Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Jajal All New Honda BR-V (Arief A/Liputan6.com)

Adapun mobil SUV yang lebih kecil ukurannya, semakin menarik untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan, karena kemudahan dan kenyamanan berkendara saat melalui jalan-jalan kota yang sibuk atau jalan kecil.

"SUV memiliki keunggulan visual dari bentuk bodi yang atraktif, kendaraannya yang lebih tinggi (ground clearance). Karena secara psikologis expansion body dari kendaraan ini mampu memberikan rasa lebih aman dan lebih powerful bagi penggunanya di tengah lalu lintas yang semakin 'semerawut',” jelasnya.

Alasan lain SUV tetap digandrungi adalah dari sisi visual, SUV tampak kekar, berotot serta memunculkan gaya yang ekspresif.

"Di samping itu, kinerja mobil SUV modern saat ini memiliki performa mesin yang irit dan efisien dalam penggunaan bahan bakar," tukas Yannes.


Infografis Mobil Kepresidenan RI

infografis Mobil Kepresidenan
Perbesar
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya