Sebelum Beli, Kenali Delapan Pembaruan New Honda ADV160

Oleh Liputan6.com pada 02 Jul 2022, 16:07 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 16:07 WIB
New Honda ADV160 Resmi Mengaspal di Indonesia (AHM)
Perbesar
New Honda ADV160 Resmi Mengaspal di Indonesia (AHM)

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan New Honda ADV160, kemarin (1/7) di Safety Riding Park Honda, Cikarang, Jawa Barat. Skutik bergaa adventure ini mendapatkan penyegaran di berbagai sektor.

President Director PT AHM Keiichi Yasuda mengatakan, kehadiran New Honda ADV160 adalah jawaban dari keinginan konsumen terhadap skutik penjelajah dengan fitur yang lengkap serta performa yang menjanjikan. Harapannya, model pembaruan itu bisa lebih diterima dengan baik oleh konsumen.

 "Dengan penyempurnaan di berbagai sisi, New Honda ADV160 semakin menghadirkan pengalaman berkendara berbeda, baik digunakan untuk menjelajah dengan kegembiraan atau juga penggunaan harian. Performa dan fitur-fitur unggulan pada skutik ini mendukung pengendara yang memiliki daya jelajah jarak jauh dan memberikan kekuatan melaju untuk mengeksplorasi berbagai kondisi jalan,” kata Yasuda, saat mengenalkan new Honda ADV160.

Di model terbaru ini pabrikan masih menawarkan ADV dalam 2 varian. Pertama adalah CBS dengan harga Rp36 juta dan ABS di Rp39,25 juta OTR Jakarta. Jika dikalkulasi dengan harga ADV150, kira-kira ada kenaikan banderol sekitar Rp300 sampai 400 ribuan.

Secara umum, desain dan DNA dari ADV160 masih mempertahankan garis visual yang sama dengan ADV150 yang meluncur pertama kali di GIIAS 2019. Namun jika diteliti lebih detail ternyata ada 9 ubahan penting yang dilakukan pabrikan pada motor ini. Agar lebih lengkap di bawah ini rangkumannya.

1. Ubahan Minor di Bodi

Meski memang masih terlihat sama, bagian muka dari ADV160 ternyata ada ubahan. Lebih tepatnya bagian cover bodi depan sedikit membesar sehingga kesan gahar dari motor ini semakin kuat.

Kemudian di bagian sayap bodi kiri dan kanan juga terlihat berbeda. Jika model sebelumnya menggunakan desain sedikit gendut, justru di ADV160 tampil lebih slim sehingga visualnya lebih sederhana.

Lebih lanjut AHM juga merubah desain bodi samping belakang, jika ditelisik tampilannya punya kemiripan dengan Honda ADV 350 yang sudah meluncur di Thailand. Revisi bodi ini juga membuat tampilan ADV160 terlihat lebih membesar.

Sayangnya tak ada ubahan signifikan di bagian buritan, dia masih mengaplikasikan model lampu LED dengan siluet X di dalam rumah lampunya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


2. Windscreen Lebih Tinggi

Ubahan selanjutnya adalah merevisi tinggi dari windscreen. Dari penjelasan Honda windscreen di ADV160 lebih tinggi sekitar 75 mm yang fungsinya bisa menghalau angin secara maksimal.

Sama seperti di model sebelumnya, windscreen pada new Honda ADV160 bersifat adjustable alias bisa diatur tinggi rendahnya. Hanya saja pengaturannya manual dengan lebih dulu menarik kedua tuas di balik windscreen.

3. Panel Meter dengan Interface Baru

Cluster meter atau panel meter di new Honda ADV160 juga menggunakan interface baru. Tampilannya sedikit mirip dengan Honda ADV350 yang mana memiliki informasi RPM di sisi kiri.

Dari segi informasi yang disajikan terbilang lengkap, di mana tersedia speedometer, jam, fuel meter, trip A, trip B, suhu mesin, suhu sekitar, konsumsi BBM, konsumsi BBM real time, dan tambahan pengaturan on off fitur kontrol traksi atau HSTC (Honda Selectable Torque Control).

4. Disuntik Fitur Moge HSTC

Sama seperti Honda PCX 160, new Honda ADV 160 juga kedapatan fitur kontrol traksi HSTC. Peranti ini berfungsi mencegah terjadinya ban selip saat melewati jalan yang basah atau licin, sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Bicara cara kerjanya, fitur ini mendeteksi putaran roda depan dan belakang melalui sensor yang disematkan pada kedua roda tersebut. Bila tak ingin menggunakannya, pengendara bisa mematikan fungsi tersebut pada tombol di depan setang.

 


5. Dermaga Isi Gawai yang Lebih Praktis

Untuk meningkatkan kenyaman serta kepraktisan, dermaga isi gawai pada Honda ADV 160 juga diubah. Kini menggunakan model USB Port tipe A, jadi Anda tak perlu lagi membutuhkan adapter charger untuk mengisi baterai.

Posisinya masih sama yakni di kompartemen penyimpanan kiri yang sekaligus bisa menyimpan smartphone dengan aman. Untuk ukuran layar gawai 6 inci bisa masuk dengan sempurna tanpa ada masalah.

6. Revisi Tinggi Jok

Masih di sektor kenyamanan, AHM juga melakukan revisi pada tinggi jok ADV160. Sebelumnya memang banyak dikeluhkan jika tinggi jok ADV150 terlalu tinggi untuk ukuran tubuh orang Indonesia.

Lantas dari tinggi jok semula di 795 mm kini berubah menjadi 780 mm. Dengan tinggi badan di 175 cm, kedua kaki bisa lebih menapak pada permukaan, meskipun masih terasa jinjit.

Selain tinggi jok, desain jahitan di sisi samping, depan, hingga ke belakang juga berubah. Untuk karakter joknya masih terbilang empuk untuk ukuran matik bongsor.

7. Bagasi Lebih Luas

Untuk urusan bawa-bawa barang pengguna ADV160 kini makin dimanjakan. Musababnya AHM mengklaim volume bagasi menjadi 30 liter atau membengkak 2 liter dari model sebelumnya.

Layout dan ukuran bagasi di ADV 150 sanggup menampung 1 buah helm ukuran half face dan bisa dimaksimalkan membawa jas hujan, sarung tangan, jaket, atau barang berdimensi kecil di bagian belakangnya.

 


8. Comot Mesin Honda PCX 160

Dan terakhir, Honda ADV kini menggendong mesin baru. Jantung pacunya identik dengan kepunyaan Honda PCX dengan isi silinder tepat di 156,9 cc (dibulatkan 160 cc), berkonfigurasi 4 katup, dan sokongan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power plus).

Racikan enjin meletupkan output yang sama juga dengan PCX 160 di mana memiliki tenaga maksimal hingga 11,8 kW atau 15,8 daya kuda @8500 rpm, dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. Adapun untuk konsumsi bahan bakarnya, berdasarkan pengetesan internal AHM menggunakan metode WTMC-Euro 3 didapat angkat 45 kilometer per liter dengan fitur ISS (Idling Stop System) menyala, sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 kilometer dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Sebagai informasi, untuk fitur-fitur lama seperti penerangan full LED, DRL, ESS (Emergency Stop Signal, ACG Starter, Keyless with Security Alarm, ISS, Side Stand Switch, Wavy Disk, dan ABS (Anti-lock Braking System) masih tetap dipertahankan.

Adapun untuk opsi warna yang tersedia, AHM menghadirkan 6 warna untuk skutik penjelajah ini. Rinciannya adalah 3 warna metalik yakni hitam, putih, merah untuk varian CBS serta matte hitam, putih, dan merah untuk varian tertinggi ABS. (KIT/TOM)

Sumber: Oto.com

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya