Alasan Mobil Kelir Merah Diminati di Sulawesi Utara

Oleh Septian Pamungkas pada 01 Jul 2022, 17:03 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 17:03 WIB
Daihatsu Sirion
Perbesar
Rumah Panggung Woloan merupakan rumah adat tradisional Minahasa. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, warna mobil yang populer di tengah masyarakat adalah putih, hitam dan abu-abu. Namun ada yang berbeda di Sulawesi Utara, dimana mobil kelir merah cukup diminati.

Maka jangan heran apabila banyak menjumpai mobil berwarna merah berseliweran di jalanan. Lalu apa yang membuat mobil warna merah banyak dipilih?

Sonny Lembong selaku Kepala cabang Astra Daihatsu Manado Martadinata menyebutkan, ada unsur politik yang melatarbelakangi banyaknya mobil berkelir merah di Sulawesi Utara.

"Kebetulan, untuk kondisi saat ini yang menguasai PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan)," katanya saat dijumpai dalam kegiatan media test drive New Daihatsu Sirion di Manado, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara berasal dari partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri tersebut. Begitupun juga dengan beberapa pejabat lain di kota-kota Sulawesi Utara.

"Wali Kota Tomohon dan wakilnya juga PDIP, Minahasa Induk dan Minahasa Utara pun PDIP, Wali Kota Manado juga PDIP," jelasnya.

Terlepas dari unsur politis, menurut Sony, ada faktor lain mengapa warna merah menjadi pilihan.

"Di luar unsur politis adalah baju kebesaran (prajurit Waraney) yang identik dengan merah," ujar pria berkacamata tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Daihatsu Kuasai Tiga Provinsi, Ini Model yang Paling Diminati

Penjualan mobil Daihatsu sangat moncer di wilayah Sulawesi Utara. Tercatat, Daihatsu menjadi merek mobil paling laris dalam lima tahun terakhir.

"Di Sulawesi Utara, Daihatsu pada ytd (year to date) April 2022 nomor satu dengan pangsa pasar hampir 34 persen (33,89 persen). Lalu diikuti Toyota dengan 25 persen dan Honda dengan 10 persen," terang Tulus Pambudi, Kepala Wilayah Indonesia Bagian Timur PT Astra International Daihatsu Sales Operation saat Media Test Drive New Daihatsu Sirion di Manado, Sulawesi Utara, baru-baru ini.

Secara rinci disebutkan, penjualan Daihatsu di Sulawesi Utara selama Januari-April 2022 mencapai 1.566 unit. Disusul Toyota dengan torehan 1.149 unit, dan Honda 463 unit.

Disebutkan model LCGC memberikan kontribusi terbesar sejak 2018 hingga ytd April 2022 untuk penjualan Daihatsu di Sulawesi Utara. Sigra dan Ayla kontribusinya mencapai 38 persen.

"Bahkan awal 2018 sampai 2019 kontribusinya naik sampai 42 persenan, tapi di tahun ini 38 persen," kata Tulus.

Dirinya juga menyebutkan, karakter pembeli LCGC di Sulawesi Utara juga unik. Selain kebanyakan pilih tipe tertinggi, konsumen juga tertarik model yang ukurannya lebih besar.

"Biasanya kalau keluarga muda kan pilihnya yang 5 penumpang tapi di sini lebih pilih yang 7 penumpang karena mereka suka pergi beramai-ramai," ujar Tulus.

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal
Perbesar
Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya