Mengenal Lagi Fitur-Fitur Suzuki Ertiga Hybrid yang Bisa Mendukung Kenyamanan Berkendara

Oleh Septian Pamungkas pada 01 Jul 2022, 14:04 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 14:04 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid
Perbesar
Suzuki Ertiga Hybrid (Amal/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - All-new Suzuki Ertiga Hybrid menjadi mobil bermesin hibrida pertama di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) pasar otomotif Indonesia. Berkat sokongan teknologi Suzuki Smart Hybrid, model ini jadi makin irit bahan bakar serta ramah lingkungan karena emisi gas buang yang lebih rendah.

Ertiga Hybrid sendiri dibekali mesin K15B DOHC VVT berkubikasi 1.462 cc yang bertenaga 102 daya kuda di putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimum 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Mobil ini juga dilengkapi dengan ISG (Integrated Starter Generator) yang dipadukan dengan baterai lithium-ion 12 V 6aH. ISG berfungsi untuk menyalakan mesin saat fitur Auto Start Stop berfungsi, meringankan beban kerja mesin, serta mengisi baterai lithium-ion ketika deselerasi.

Bicara soal fitur, Suzuki Ertiga Hybrid dibekali sejumlah fitur untuk mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara. Kita mulai dari fitur-fitur yang menunjang kenyamanan.

Sebagai pendatang baru, Suzuki memberikan sentuhan penyegaran agar Ertiga Hybrid tampak berbeda dengan versi regulernya. Oleh karenanya, eksterior Ertiga Hybrid mendapat pembaruan yang meliputi New Front Grille Design (tipe GX), New Antenna Type, New Alloy Wheel Black Polish Design, New MID Design, New Interior Ambience Color, New Interior Ornament, New Color Seat Material, New Backdoor Garnish Design, New “Hybrid” Emblem, New Mellow Deep Red Color

Perlu diketahui, Ertiga Hybrid menggunakan sasis monokok sehingga lebih nyaman karena suspensinya yang empuk. Kemudian, adanya Keyless + push start/stop button tentunya makin memudahkan pengendara dalam mengoperasikan kendaraan.

Mobil ini juga dilengkapi 2nd row armrest untuk memanjakan penumpang di baris tengah, lalu ada ventilated cup holder, kapasitas bagasi yang besar serta Head unit 8 inci.

Selain itu, terdapat pula MID (Multi Information Display) yang menampilkan informasi rata-rata konsumsi BBM, real time konsumsi BBM, dan informasi temperatur luar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fitur-Fitur Lainnya

Menguji Keiritan All New Suzuki Ertiga Hybrid, Berapa Hasilnya?
Perbesar
Menguji Keiritan All New Suzuki Ertiga Hybrid, Berapa Hasilnya? (Amal/Liputan6.com)

Fitur berikutnya adalah cruise control. Dengan fitur ini kendaraan dapat melaju dengan kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas. Fitur ini dihadirkan untuk memberikan kemudahan bagi pengendara bila ingin berada pada kecepatan tertentu dan bahan bakar mobil lebih irit karena posisi gas yang stabil.

Fitur ini tersedia pada Ertiga Hybrid tipe matik maupun manual. Cruise Control bisa berfungsi pada kecepatan lebih dari 43 Km/jam pada transmisi otomatis dan pada transmisi manual akan aktif pada posisi gigi 3 sampai 5.

Untuk memberikan indikasi posisi gigi yang paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar, Suzuki menyematkan Gear Shift Indicator pada Ertiga Hybrid.

Cara membacanya, apabila lampu panah ke atas menyala putih maka disarankan posisi gigi dipindahkan ke satu gigi di atasnya. Kemudian apabila lampu panah tidak menyala putih, maka posisi gigi saat ini adalah posisi yang tepat paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar.

Terakhir, apabila lampu panah ke bawah menyala putih, maka disarankan posisi gigi dipindahkan satu gigi di bawahnya. Fitur berikutnya yang menarik adalah Guide Me Light. Fungsinya untuk memandu pemilik kendaraan saat akan masuk atau keluar mobil di tempat yang minim cahaya atau gelap.

Cahaya yang digunakan berasal dari pancaran sinar lampu utama mobil. Pengendara yang sedang mencari atau menuju kendaraan (to car), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto.

Kemudian saat akan masuk mobil, buka pintu mobil dengan remote maka lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis.

Sedangkan pengendara yang akan meninggalkan kendaraan (to home), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto dan tuas kanan digerakkan satu kali seperti akan memberikan lampu dim.

Kemudian saat keluar mobil, kunci pintu mobil dengan remote dan lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis.


Harga

Daftar Lengkap Harga Suzuki Ertiga Hybrid (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Daftar Lengkap Harga Suzuki Ertiga Hybrid (Arief A/Liputan6.com)

Pada Ertiga Hybrid tipe GX terdapat fitur Electronic Stability Programme (ESP). Fitur ini merupakan teknologi yang memadukan antara pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan yang licin dan berbelok, mencegah over steer dan under steer.

Lalu ada Hill Hold Control yang bisa ditemui pada tipe GX-AT. Fitur ini berguna untuk mengaktifkan rem secara otomatis dan menahan sementara selama 3 detik saat akan melaju di jalan yang menanjak, sehingga mobil tidak bergerak mundur.

Kemudian, pada tipe GX maupun SS terdapat fitur Auto Retractable Outside Mirror. Fitur ini membuat mobil lebih praktis, karena spion akan terlipat otomatis saat pengendara mengunci pintu dan spion otomatis terbuka saat pengendara menyalakan mesin.

Sekadar informasi, All new Suzuki Ertiga hybrid tipe GX-MT dibanderol Rp 270,3 juta, sementara GX-AT dilepas Rp 281,3 juta, sedangkan SS-MT dipasarkan Rp 281,3 juta, dan SS-AT sebagai tipe tertinggi dipatok Rp 292,3 juta.

Untuk pilihan warna all new Ertiga Hybrid SS terdiri dari pearl snow white, prime cool black, metallic magma gray.

Sedangkan all new Ertiga Hybrid GX pilihan warnanya lebih banyak, yakni pearl snow white, prime cool black, metallic magma gray, new mellow deep red, metallic silky silver, pearl brave khaki, pearl burgundy red.

Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya