Yamaha Soul GT Lenyap dari Website Resmi, Berhenti Dijual?

Oleh Arief Aszhari pada 29 Jun 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 16:00 WIB
Kesan Pertama Mengendarai Yamaha Soul GT 125
Perbesar
Test ride Yamaha Soul GT 125 melintasi ruas-ruas jalan di kawasan Ancol.

Liputan6.com, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memiliki banyak line-up skuter matik (skutik) di luar varian maxi. Tercatat, ada 8 model yang ditawarkan pabrikan asal Jepang ini di Indonesia.

Namun, sejatinya ada 9 model yang ditersedia, sebelum salah satunya yaitu Soul GT ternyata sudah tidak tersedia di website resmi Yamaha Indonesia.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Rabu (29/6/2022), model skutik yang kini ditawarkan pabrikan berlambang garpu tala ini, adalah Fazzio Hybrid-Connected, Gear 125, FreeGo, X-Ride, Mio M3, Fino, Mio S, dan Mio Z.

Ketika Yamaha Soul GT tidak lagi ada di website Yamaha Indonesia, sejatinya bukanlah hal yang mengagetkan. Pasalnya, pamor dari skutik ini memang tengah turun, dan sudah terlihat sejak tahun lalu.

Meskipun begitu, Yamaha Soul GT memiliki spesifikasi yang cukup handal, dengan ditopang mesin 125cc Air cooled 4-stroke, SOHC. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 7.0 kW pada 8.000 rpm dan torsi 9.6 Nm pada 5.500 rpm.

Skutik ini sendiri, memiliki dimensi panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.070 mm. Sedangkan kapasitas tangkinya mencapai 4,2 liter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berburu Skutik Bekas Bergaya Retro, Pilih Yamaha Fino atau Honda Scoopy?

Skutik dengan desain retro cukup digemari di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, tentu pilihan terbaik adalah berburu motor bekas. Dua model yang menarik untuk dilirik adalah Yamaha Fino dan Honda Scoopy.

Seperti dijelaskan oleh Kepala Marketing Antara Motor, spesialis jual beli motor bekas, Dwi Haryanto yang mengatakan jika Yamaha Fino dan Honda Scoopy saling berebut konsumen di segmen motor bekas. Keduanya cepat terjual bahkan dalam hitungan minggu saja.

"Kami punya semau unitnya, tapi sekarang lagi sold out. Fino dan Scoopy memang laris manis sih, cepat untuk terjualnya," ungkap Dwi saat dihubungi OTO.com.

Menurutnya faktor utama mengapa kedua motor ini jadi buruan konsumen karena tampilan dan tentunya harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan banderol unit barunya. Namun, dia menyinggung jika Fino lebih cepat laku ketimbang Scoopy.

 "Biasanya di kita, Yamaha Fino yang lebih cepat terjual karena memang dari segi harga dia jauh lebih murah. Kemudian dari mesinnya juga lebih besar karena 125 cc," pungkasnya.

Kendati demikian Honda Scoopy juga tak kalah pamor, konsumen yang meminang motor ini lebih mengedepankan kelengkapan fitur dan tampilan. Tak heran memang, karena hingga saat ini Fino belum juga mendapatkan pembaruan teknologi dari Yamaha Indonesia.

Infografis Cara Daftar & Beli Pertalite & Solar Subsidi Pakai MyPertamina Mulai 1 Juli 2022
Perbesar
Infografis Cara Daftar & Beli Pertalite & Solar Subsidi Pakai MyPertamina Mulai 1 Juli 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya