Sebelum Meminang Yamaha Lexi, Perhatikan Tiga Hal Berikut Ini

Oleh Liputan6.com pada 28 Jun 2022, 12:04 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 12:04 WIB
Yamaha Lexi
Perbesar
Pilihan warna baru pada Yamaha Lexi. (YIMM)

Liputan6.com, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkannya Yamaha Lexi pada 2018 silam. Sampai saat ini, skutik dengan harga yang lebih terjangkau dibanding NMax ini masih bertahan dengan desain serta teknologi lama saat itu.

Per Juni 2022 ini, skutik maxi tersebut dilepas ke pasar dengan banderol paling murah Rp22.540.00. Perlu Anda ketahui motor ini ditawarkan dalam 3 varian yakni Standar, S, dan S ABS.

Yamaha Lexi memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan keluarga skutik gambot besutan garpu tala. Di fascia motor ini memiliki bentuk lampu utama yang khas dan sudah berteknologi LED. Pengaplikasian lampu LED ini sayangnya hanya berlaku untuk sistem penerangan depan saja.

Nah jika Anda sedang berencana membelinya, kami akan sajikan fakta serta data yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum benar-benar membawanya ke garasi rumah. Mari kita simak rangkuman di bawah ini.

1. Kenyamanan untuk Selonjoran Kaki

Dibranding sebagai matik maxi tentu kenyamanan menjadi hal utama yang ditawarkan Lexi. Umumnya akomodasi kaki untuk selonjoran menjadi nilai jual dari matik jenis ini.

Namun pada Yamaha Lexi, posisi berkendara ala selonjoran boleh dibilang tak senyaman NMax apalagi TMAX. Kami sudah pernah mencobanya dengan ukuran sepatu 43, ketika menjajal posisi berkendara selonjoran telapak kaki tidak lurus melainkan harus sedikit miring ke arah luar.

Poin ini sebenarnya bukan perkara besar namun sedikit disayangkan saja. Meski begitu faktor kenyamanan lain tetap ditunjang dengan pengaplikasian setang handlebar ala maxi Yamaha, serta penggunaan jok yang panjang dan empuk untuk meningkatkan kenyamanan mobilitas harian pengendaranya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Akomodasi Bagasi

Yamaha Lexi memiliki kapasitas bagasi 12,8 liter. Secara bentuk terlihat melandai di bagian depan, sehingga membuat motor ini tak bisa menampung helm.

Kendati demikian layout bagasi mampu untuk mengakomodasi jaket, jas hujan, hingga sarung tangan sekaligus. Bahkan masih sanggup ditambah botol air mineral maupun tumbler. Konstruksi bagasi yang tak mampu menyimpan helm cukup disayangkan, jika membandingkan dengan saudaranya Nmax, Aerox atau produk kompetitor seperti Vario yang bisa menampung helm.

Sementara untuk akomodasi atau kompartemen lain juga terbilang minim. Lexi hanya bisa andalkan slot penyimpanan sebelah kiri. Itupun tidak terlalu luas, namun masih bisa menyimpan botol ukuran kecil. Kemudian bagian kanannya untuk ruang rumah kunci saja.

3. Harga Jual

Hal ini mungkin saja jadi penilaian yang subjektif. Kita ambil contoh untuk varian paling mahal serta lengkap, Yamaha Lexi ABS yang dijual Rp28.190.000. Banderol yang ditawarkan tipis dengan NMax model lawas yang hingga saat ini masih mejeng di website resmi.

Selisih harganya adalah Rp755 ribu saja, tapi dari segi mesin, tampilan, dan kenyamanan NMax model lawas terbilang lebih advanced. Meski begitu, perlu dicatat stok ketersedian dari NMax lawas tak begitu banyak. Anda perlu ekstra sabar untuk mendapatkan sisa stok model Nmax tersebut.

Nah dari berbagai pertimbangan di atas, sejatinya Yamaha Lexi tetapi bisa jadi pilihan menarik untuk Anda yang ingin memiliki skutik maxi entry level atau untuk pemula. Dari segi mesin pun tak mengecewakan, dia dibekali dengan enjin 125 cc, 4-tak SOHC, satu silinder, yang menjanjikan tenaga 11,7 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 7.000 rpm.

Yamaha Lexi sudah disuntik teknologi Blue Core dengan bantuan Variable Valve Actuation (VVA) dan Smart Motor Generator (SMG). Tak lupa ada Stop and Start System yang membuat mesin mati ketika berhenti lebih dari 5 detik dan bisa menyala kembali ketika tuas gas diputar.

Selebihnya skutik ini sudah disematkan panel meter full digital, ban lebar, electric power socket, answer back system, lampu hazard, dan pengereman ABS untuk veris paling mahal. Sebagai referensi di bawah ini kami sajikan banderol terbaru Yamaha Lexi.

Yamaha Lexi Standar: Rp22.540.000

Yamaha Lexi S: Rp25.565.000

Yamaha Lexi S ABS: Rp28.190.000.(Kit/Tom)

Sumber: Oto.com 

Infografis: Pro Kontra Legalisasi Ganja Untuk Obat Medis (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
Infografis: Pro Kontra Legalisasi Ganja Untuk Obat Medis (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya