Pengajuan Hak Paten Spindle Grill Lexus Kembali Ditolak Pemerintah Australia

Oleh Fahmi Rizki pada 27 Jun 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 18:00 WIB
Menjadi SUV Crossover mewah, New Lexus RX 300 Series diklaim memiliki beragam fitur canggih yang mampu memberikan kenyamanan bagi penumpang dan pengendara.
Perbesar
Menjadi SUV Crossover mewah, New Lexus RX 300 Series diklaim memiliki beragam fitur canggih yang mampu memberikan kenyamanan bagi penumpang dan pengendara.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Lexus untuk mematenkan desain spindle grill yang mereka gunakan pada model LX, kembali dimentahkan oleh Badan Intelektual Australia. Pasalnya, dalam pengumuman terkait permohonan tersebut telah secara jelas ditolak oleh pemerintah Australia.

IP Australia sebagai badan Federal yang mengelola hak kekayaan intelektual dan Undang-Undang yang berkaitan dengan paten, telah mengeluarkan pengumuman untuk menolak permohonan yang diajukan oleh Toyota Motor Company sebagai induk perusahaan Lexus.

Keputusan tersebut tertuang dalam hasil yang dikeluarkan oleh pemerintah Australia tertanggal 31 Mei 2022 lalu setelah menjalani sidang pada bulan Maret. Jika dirunut ke belakang, ini bukan kali pertama bagi Toyota Motor Company melakukan pengajuan hak paten terkait desain spindle grill.

Tetapi, berdasarkan informasi yang dilansir dari Carsales Australia, TMC, telah tiga kali mengajukan hak paten tersebut dan ketiganya ditolak terus oleh pemerintah Australia.

Dalam persidangan yang terjadi, pihak Toyota memiliki argumen bahwa grill harus diberi merek dagang karena bentuk yang diciptakan tidak memberikan manfaat fungsional pada kendaraan. Mereka juga menjelaskan bahwa spindle grill ini digunakan sebagai badge asal dan diakui serta dapat dikenali sebagai model Lexus.

Salah satu alasan penolakan permohonan paten spindle grill yang diajukan tersebut, dalam pemaparannya, Audience Officer IP Australia, menemukan bahwa grill yang dipakai ini tidak membedakan model Lexus dari model mobil merek lain dan ada banyak pula desain grill yang serupa dengan desain tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penjelasan Pemerintah Australia Terkait Penolakan Tersebut

"Setiap orang atau perusahaan dapat mengajukan pendaftaran merek dagang. Mereka tidak membutuhkan alasan khusus untuk mengajukannya. Namun, ada alasan untuk menolak beberapa aplikasi itu, itulah yang terjadi di sini. Alasan yang digunakan untuk menolak permohonan ini berkaitan dengan apakah yang telah dimohonkan dapat digunakan untuk membedakan barang seorang pedagang tertentu dengan barang penjual lain," jelas Juru Bicara IP Australia, kepada Carsales Australia.

Ia pun menganalogikan bahwa sebuah desain tidak bisa dipatenkan begitu saja untuk beberapa tujuan. Menurutnya, sebuah apel tidak bisa dipatenkan oleh seorang petani apel. Tetapi, untuk produsen teknologi seperti komputer, hal tersebut bisa dipatenkan terkait merek dagang mereka.

Bicara mengenai desain spindle grill yang Lexus hadirkan memang bermula pada mobil konsep Lexus pada 2011 lalu. Sejak saat itu, beberapa model Lexus hadir dengan desain dan bentuk yang mirip untuk mencirikan model Lexus dengan model lainnya.

Infografis Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Perbesar
Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya