Volkswagen Kejar Tesla Jadi Penguasa Pasar Kendaraan Listrik

Oleh Arief Aszhari pada 27 Jun 2022, 12:03 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 12:03 WIB
Volkswagen Group enggan menjual saham Porsche untuk publik
Perbesar
Volkswagen Group enggan menjual saham Porsche untuk publik

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen terus mencoba untuk menggeser Tesla sebagai pembuat mobil listrik terkemuka di dunia. Saat ini, pabrikan asal Jerman ini tepat berada di pembuat mobil ramah lingkungan asal Amerika Serikat tersebut.

Chief Executive Officer Volkswagen Group, Herbert Diess mengatakan pihaknya berada di posisi kedua yang baik di belakang Tesla, dan membaut kemajuan terkait produksi baterai, infrastruktur pengisian daya, dan perangkat lunak.

"Kami pikir kami bisa menutup kesenjangan sedikit dalam beberapa bulan depan," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan analis Bloomberg Intelligence, pekan lalu memperkirakan Volkswagen dapat menyalip Tesla setelah 2024.

Elon Musk, sebagai pemilik Tesla mengatakan kepada Pemimpin Redaksi Bloomberg News, John Micklethwait dengan tidak setuju dengan prediksi tersebut. Bahkan, orang terkaya di dunia ini memuji pembuat mobil Cina, sebelum mengatakan bahwa di Tesla tidak terlalu memikirkan pesaing lain.

Tesla sendiri telah mengirimkan lebih dari 936 ribu unit mobil listrik di seluruh dunia pada tahun lalu. Sedangkan Volkswagen menjual sekitar 453 ribu unit mobil listrik penuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pabrik Baru

Mobil Tesla made-in-China akan diekspor ke Eropa
Perbesar
Kendaraan Tesla Model 3 yang diproduksi di China (made in China) di gigafactory Tesla yang terletak di Shanghai, China pada 26 Oktober 2020. Tesla, pabrikan mobil AS, mengumumkan akan mengekspor 7.000 kendaraan Model 3 yang diproduksi di China ke Eropa pada Selasa (27/10). (Xinhua/Ding Ting)

Elon Musk sendiri, telah membangun pabrik baru pada 2022 ini di Austin, Texas, dan dekat Berlin dan berada di jalur untuk memproduksi lebih dari 1,5 juta unit mobil listrik tahun ini.

Namun, Jerman berusaha untuk mengejar ketinggalan. Volkswagen telah mengalokasikan sekitar 52 miliar euro hingga 2026, untuk mengembangkan dan memproduksi mobil listrik.

Jumlah tersebut, termasuk untuk mendirikan pabrik mobil listrik baru senilai 2 miliar euro di Jerman, dan berencana untuk membangun enam pabrik baterai di seluruh Eropa, dan beberapa di antaranya akan melibatkan kemitraan dengan perusahaan lain.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya