Menguji Keiritan All New Suzuki Ertiga Hybrid, Berapa Hasilnya?

Oleh Amal Abdurachman pada 24 Jun 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 18:00 WIB
Menguji Keiritan All New Suzuki Ertiga Hybrid, Berapa Hasilnya?
Perbesar
Menguji Keiritan All New Suzuki Ertiga Hybrid, Berapa Hasilnya? (Amal/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indonesia Sales (SIS) mengajak jurnalis dari berbagai media nasional untuk menguji kemampuan produk terbarunya, yaitu all new Ertiga Hybrid.

Metode pengujiannya adalah full to full, tangki bensin mobil akan diisi hingga penuh sebelum perjalanan dimulai, lalu tangki bensin akan diisi penuh kembali setelah sampai finis. Hitungan km per liter diambil dari total jarak tempuh dibagi dengan konsumsi bahan bakar yang digunakan. Mobil yang diuji bertransmisi otomatis dan manual. Liputan6.com mendapatkan unit Ertiga Hybrid bertransmisi otomatis.

Tutup tangki bensin setiap peserta akan disegel, begitu pula dengan tombol pengaturan sistem penyejuk udara atau AC. Sehingga peserta pengujian tidak bisa mematikan AC selama perjalanan. 

Perjalanan awal dimulai dari Batu dengan tujuan Surabaya. Kontur jalanan Batu cukup beragam, tidak selalu didominasi oleh turunan saja. Kondisi lalu lintas pun terbilang cukup ramai, mengingat pengujian dilakukan saat liburan anak sekolah sudah dimulai. 

Setelah masuk ke jalan tol menuju Surabaya, cara mengoptimalkan efisiensi bahan bakar adalah memanfaatkan fitur cruise control dan kecepatan diatur 60 km per jam, yaitu kecepatan minimum di jalan tol. Angka putaran mesin pun tertahan di kisaran 1.500 rpm. Kondisi jalan cukup lancar dan tidak terlalu ramai.

Sesekali fitur hybrid terlihat aktif pada layar MID saat mesin membutuhkan tenaga ekstra. Namun, sayangnya pihak Suzuki tidak memberikan data seberapa besar kontribusi terhadap ISG meringankan beban kerja mesin K15B DOHC VVT berkubikasi 1.462 cc yang bertenaga 102 daya kuda di putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimum 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Spesifikasi

Perubahan terbesar Suzuki Ertiga Hybrid dibanding dengan generasi sebelumnya adalah kehadiran teknologi mild hibrida dan penambahan beberapa fitur yang memanjakan pengemudinya, seperti Cruise Control, Engine Auto Stop, dan Auto Headlight.

Fitur hybrid yang diadopsi berbeda dengan definisi hybrid pada umumnya. Suzuki Ertiga hybrid dilengkapi dengan ISG (Integrated Starter Generator) dipadukan dengan baterai lithium-ion 12 V 6aH. ISG berfungsi untuk menyalakan mesin saat fitur Auto Start Stop berfungsi, meringankan beban kerja mesin, serta mengisi baterai lithium-ion ketika deselerasi. Jadi jangan membayangkan Ertiga Hybrid dapat melaju dengan tenaga baterai saja.

Tantangan terbesar dalam pengujian kali ini adalah kemacetan sore hari di Surabaya. Kondisi stop and go menguji kesabaran pengemudi sekaligus ajang pembuktian Engine Auto Stop. Fitur ini hanya mematikan mesin saat mobil berhenti, dan mesin akan menyala secara otomatis jika mobil melaju.

Yang perlu diingat, kompressor AC pun mati saat Engine Auto Stop, namun hembusan angin tetap ada. Mesin pun akan menyala secara otomatis jika suhu dalam kabin dinilai kurang nyaman untuk penumpang.

Setelah sampai di titik finis, trip meter mobil yang Liputan6.com menunjukkan angka 135,5 km dengan pengisian bensin 7,48 liter. Sehingga hasil pengujiannya 18,1 km per liter.

Sedangkan hasil pengujian terbaik diraih oleh Ertiga Hybrid bertransmisi otomatis lainnya cukup beragam. Yakni 19,05 km per liter, 20, 23 km per liter, dan 28,07 km per liter. 

Infografis Ragam Tanggapan Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya