Gandeng Perusahaan AS, Toyota Daur Ulang Baterai Mobil Listrik

Oleh Arief Aszhari pada 23 Jun 2022, 20:33 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 20:35 WIB
Toyota Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Amerika Serikat (Autoblog)
Perbesar
Toyota Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Amerika Serikat (Autoblog)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota kerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat (AS), Redwood Materialis Inc melakukan proses daur ulang baterai kendaraan listrik. Raksasa otomotif asal Jepang ini mengatakan, langkah tersebut menjadi penting karena keberadaan mobil listrik pada masa depan yang semakin masif.

Disitat dari Reuters, Kamis (23/6/2022), Redwood mengatakan, Toyota bergabung dengan inisiatif daur ulang dan remanufaktur baterai kendaraan listrik yang komprehensif.

"Kami sedang membangun ekosistem baterai loop tertutup yang berujung untuk mengurangi biaya EV, dengan mengurangi ketergantungan bahan impor," ujar Kepala Eksekutif dan Pendiri Redwood Materials JB Straubel.

Lanjut Straubel, pekerjaan tahap awal akan dilakukan di kampus yang memiliki lahan 175 hektar di Nevada Utara. Sementara itu, ke depannya akan dibangun komplek lain di wilayah Amerika bagiang Tenggara untuk proses daur ulang baterai kendaraan listrik.

Sementara itu, Redwood sendiri tengah meningkatkan kapasitas produksi komponen anoda dan katoda menjadi 100 gigawatt-jam pada 2025, dan cocok untuk memasok baterai untuk 1 juta kendaraan listrik per tahun.

Kemudian, kapasitas tersebut akan naik menjadi 500 GWh pada 2030, dan cukup untuk memasok 5 juta unit mobil listrik per tahun atau lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Toyota Tepergok Tengah Melakukan Uji Coba Sedan Listrik bZ5 di Cina

Pasca kehadiran SUV listrik Toyota bZ4X beberapa waktu lalu, kini beredar informasi bahwa Toyota rupanya sudah memiliki versi sedan listrik yang merupakan turunan dari model SUV tersebut.

Kabar ini diinformasikan oleh Carnewschina, di mana sedan listrik tersebut tengah melakukan uji coba di jalan dan tertangkap kamera tengah parkir di ruas jalan di Cina. Dalam foto tersebut, bisa sedikit disimpulkan bahwa model ini memang memiliki dimensi yang lebih panjang.

Tidak hanya itu, sedan listrik ini juga memperlihatkan beberapa detail di bagian interiornya. Meski tertutup dengan lapisan kamuflase, namun beberapa detai bisa terlihat mulai dari penggunaan jok, desain dashboard serta lingkar kemudinya.

Bahkan, masih dalam foto tersebut juga memperlihatkan ada sebuah layar lebar yang ditempatkan di tengah. Dipercaya, display tersebut merupakan fitur entertainment yang nantinya bisa menemani pemiliknya selama perjalanan.

Infografis Ragam Tanggapan Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya