Bocoran Baru, Suzuki Tengah Kembangkan Skuter Listrik Model Baru Mirip Burgman

Oleh Fahmi Rizki pada 22 Jun 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 14:03 WIB
Bocoran Baru, Suzuki Tengah Kembangkan Skuter Listrik Mirip Burgman
Perbesar
Bocoran Baru, Suzuki Tengah Kembangkan Skuter Listrik Mirip Burgman (Greatbiker)

Liputan6.com, Jakarta - Era elektrifikasi saat ini, tidak hanya menyangkut pabrikan otomotif roda empat. Tetapi, pembuat motor juga berlomba-lomba untuk mengembangkan model baru dengan mengandalkan baterai sebagai sumber dayanya.

Kabar terbarunya, produsen motor dengan logo huruf S, kedapatan telah mematenkan desain baru yang disinyalir bakal menjadi skuter listrik. Menurut informasi Greatbiker, model anyar ini akan mengusung desain seperti Suzuki Burgman 125.

Dalam informasi tersebut, dilaporkan desain serta dimensinya diperkirakan mirip dengan Suzuki Burgman 125. Hanya saja, perbedaannya terletak pada sumber dayanya, yakni menggunakan baterai yang menggerakkan motor listrik.

Berdasarkan ilustrasi yang terungkap ini, kita dapat melihat ada ubahan di bagian dalam bodi skuter matik tersebut. Lebih lanjut, dalam desain ini juga menggambarkan skuter tersebut menggerakkan daya AC yang dipasang di frame di bawah jok dengan inverter DC-AC yang berfungsi untuk mengubah output DC baterai menjadi AC.

Sementara itu, perubahan lain pada desain motor ini juga telah dilengkapi dengan konverter daya DC-DC yang dipasang di sisi packaging baterai untuk mengurangi adanya level tegangan. Dengan adanya beberapa komponen tersebut, tentunya ini akan berimbas pada ruang kompartemen penyimpanan barang yang menjadi sedikit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Battery Swap

Melalui desain paten tersebut, kita juga dapat melihat di mana baterai yang digunakan pada skuter listrik ini tidak dapat ditukar dengan baterai lain (swap). Artinya, meskipun Suzuki bergabung dengan program pengembangan baterai yang dapat diganti melalui tiga produsen lainnya, untuk model ini belum mengusung fitur swap battery tersebut.

Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya