Top 3: Ambisi Honda Pimpin Era Elektrifikasi dan Mobil Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Oleh Septian Pamungkas pada 21 Jun 2022, 19:03 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 19:03 WIB
Sony dan Honda sepakat untuk memproduksi mobil listrik bersama
Perbesar
Sony dan Honda sepakat untuk memproduksi mobil listrik bersama

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai Honda yang berkolaborasi dengan Sony Group demi ambisinya menguasai pasar kendaraan listrik, membuat penasaran pembaca Liputan6.com.

Tak cuma itu, kabar mengenai performa bengis mobil balap RB18 milik Red Bull Racing, serta mobil bertenaga surya pertama di dunia, juga menjadi sorotan pembaca.

Berikut ringkasan artikel otomotif terpopuler yang terangkum dalam top 3 berita hari ini:

1. Sony Honda Mobility Berambisi untuk Memimpin Era Elektrifikasi

Honda Motor Co., Ltd. dan Sony Group Corporation mengumumkan kerja sama bisnis dengan meresmikan Sony Honda Mobility Inc.

Perusahaan hasil kerja sama ini bertujuan mendukung penjualan kendaraan listrik (EV) serta sebagai penyedia jasa untuk menunjang kebutuhan mobilitas di masa depan.

Lini bisnis baru hasil kerja sama dua perusahaan ini nantinya diharapkan akan menghasilkan teknologi terdepan dalam hal lingkungan, keselamatan, penunjang mobilitas masyarakat, riset struktur bodi kendaraan serta layanan purna jual.

Selengkapnya baca di sini

2. Performa Ganas RB18 Bantu Max Verstappen Kokoh di Puncak Klasemen F1 2022

Mobil balap RB18 milik Red Bull Racing kembali membantu Max Verstappen memenangi perlombaan. Terbaru, pembalap asal Belanda itu menjuarai F1 GP Canada 2022 di Sirkuit Gilles Villeneuve, Minggu (19/6/2022).

Max Verstappen menang tipis atas pembalap Ferrari, Carlos Sainz Jr., dengan selisih 0,993 detik. Hasil manis ini membuat Verstappen mengkoleksi 6 kemenangan pada musim Formula 1 2022.

"Dua lap terakhir sangat menyenangkan. Saya tetap fokus dan mengerahkan sekuat tenaga. Memang sangat perlu perhitungan tepat menerapkan strategi karena sering keluarnya Safety Cars. Beruntung kami bisa menyelesaikan dengan baik,” ujar Verstappen.

Selengkapnya baca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Perkenalkan Lightyear 0, Mobil Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Di tengah mulai maraknya pabrikan otomotif mengembangkan kendaraan listrik, startup asal Belanda, Lightyear mengenalkan mobil produksi massal bertenaga surya pertama di dunia. Diberi nama Lightyear 0, sedan ini mampu melaju sejauh 70 km dalam sehari pengisian baterai melalui sinar matahari.

Lightyear mengklaim mobilnya mampu melaju 11 ribu kilometer per tahun, apabila penggunanya memanfaatkan tenaga surya setiap hari. Perhitungan itu dilakukan dengan iklim Eropa dan hasilnya bisa berbeda di wilayah lain.

Co-founder dan CEO Lightyear, Lex Hoefsloot menjelaskan, perusahaan itu menghadirkan mobil tenaga surya untuk mengantisipasi masalah limbah baterai yang dihasilkan mobil listrik di masa depan.

Selengkapnya baca di sini

Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya