Sukses

5 Mobil Tesla Ini Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Berikut Bocoran Harganya

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengungkapkan bahwa Tesla akan masuk ke Indonesia. Selain memasarkan mobil, Tesla berencana berinvestasi baterai listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengungkapkan bahwa Tesla akan masuk ke Indonesia. Selain memasarkan mobil, Tesla berencana berinvestasi baterai listrik.

"Kalau ditanya kapan masuknya, Insya Allah 2022 ini. Tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya. Nanti tunggulah karena kita belum tanda tangan kesepakatan," ujarnya di Hotel Alila Solo, Rabu (18/5/2022).

Sebelumnya mobil listrik Tesla telah dipasarkan oleh importir umum (IU) Prestige Image Motorcars. Perusahaan ini dikenal sebagai satu-satunya penyuplai mobil Tesla di Indonesia, dengan lini model lengkap dari model termurah hingga termahal.

Berikut pilihan mobil Tesla yang bisa diboyong melalui Prestige Image Motorcars:

1. Tesla Model S

Pertama adalah Tesla Model S. Sedan premium berbasis listrik ini merupakan salah satu model pertama Tesla yang dijual secara massal. Versi terbarunya adalah Model S Plaid yang diperkenalkan tahun lalu.

Varian Model S ini diberikan serangkaian uprade, terutama dari sisi performa. Tesla meningkatkan output Model S menjadi 1.020 hp dan torsi 1.420 Nm yang disalurkan ke setiap rodanya (AWD).

Hasil pengetesan akselerasi 0-97 km/jam dari jurnalis Motor Trend di Amerika Serikat mencatat angka 2.07 detik, membuatnya sebagai salah satu mobil terkencang di dunia. Jarak tempuh mobil ini diklaim mencapai sekitar 560 km dalam sekali pengecasan.

Tesla Model S Plaid dijual pada rentang harga Rp 4 miliaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tesla Model 3

Berikutnya adalah Tesla Model 3. Meski diposisikan sebagai mobil termurah dari lini mobil listrik Tesla, Model 3 tetap disematkan paket teknologi lengkap.

Model entry level dari Tesla ini dibekali fitur yang juga ditemukan pada mobil Tesla lainnya, seperti sistem semi otonomus Autopilot dengan minim intervensi dari pengemudi atau Smart Summon di mana mobil akan secara otomatis keluar dari tempat parkir dan menuju lokasi pemiliknya berada.

Tesla mengklaim Model 3 bisa berjalan sejauh 400 km, berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,3 detik dan mencapai kecepatan maksimal di 225 km/jam.

Tesla Model 3 bisa dipinang mulai dari Rp 1,5 Miliar.

 

3 dari 5 halaman

3. Tesla Model X

Ketiga adalah Tesla Model X. Mobil ini merupakan satu-satunya mobil SUV Tesla, sekaligus menjadi paling praktis di antara model lainnya. Layaknya mobil keluarga, Tesla Model X bisa diisi hingga 7 penumpang.

Tidak hanya itu, Tesla Model X juga mempunyai party piece di mana pintu baris kedua ini dibuka secara gullwing atau seperti burung mengepakkan sayapnya. Pintu tersebut juga mempunyai mekanisme canggih yang membuat pembukaan pintu di tempat sempit lebih mudah.

SUV bongsor ini juga mempunyai performa beringas, terutama varian Plaid yang bisa melejit dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,7 detik saja. Sementara jarak tempuh mobil ini diklaim mencapai lebih dari 500 km.

Prestige Image Motorcars menawarkan Tesla Model X Long Range di angka Rp 3 miliar atau Rp 4,4 miliar untuk Model X Plaid. Harga tersebut belum termasuk opsi tambahan.

 

4 dari 5 halaman

4. Tesla Model Y

Keempat ada Tesla Model Y yang diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 kemarin. Prestige Image Motorcars menghadirkan varian Long Range yang mengutamakan jarak tempuh dan performa mobil.

Varian Long Range diklaim bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik dan menempuh jarak sejauh 532 km. Sedangkan Model Y Performance lebih kencang saat berakselerasi dengan waktu 0-100 km/jam di 3,5 detik saja, namun hanya bisa berjalan sejauh 487 km.

Tesla Model Y pada dasarnya adalah versi crossover dari Model 3. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan desain bodi dan interior yang sama, namun Model Y punya ground clearance dan bentuk sektor buritan berbeda.

Tesla Model Y dibanderol sekitar Rp 2 miliar dan bisa dibeli secara online mau pun offline.

 

5 dari 5 halaman

5. Tesla Cybertruck

Terakhir adalah Tesla Cybertruck. Truk bongsor bertampilan unik ini masih dalam tahap pengetesan dan belum diproduksi secara masal. Dummy mobil ini pernah dipajang pada booth Prestige Image Motorcars di IIMS.

Kendati demikian, IU tersebut telah membuka keran pemesanan. Mobil listrik bongsor berukuran Mercedes-Benz Unimog ini menanti kaum "sultan" di Indonesia dengan uang muka sebesar Rp 100 juta dan diimpor langsung dari Amerika Serikat.

"Bentuknya besar seperti Unimog tapi dia punya kemampuannya seperti sportcars, sangat kuat. Yang di IIMS ini adalah dummy-nya. Kita sudah buka pemesanan sekarang dengan uang muka Rp 100 juta," ujar Rudi Salim, Presiden Direktur Prestige Motorcars kala itu.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.