Top 3: Operasi Patuh Jaya dan Kunci Sukses Penerapan Standar Emisi Euro 4

Oleh Septian Pamungkas pada 09 Jun 2022, 19:27 WIB
Diperbarui 09 Jun 2022, 19:27 WIB
Operasi Patuh Jaya Dimulai
Perbesar
Polisi Lalu lintas menilang pengendara sepeda motor saat Operasi Patuh Jaya 2020 di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2020). Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 hingga 5 Agustus untuk menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Informasi seputar Operasi Patuh Jaya yang siap berlangsung kembali menarik perhatian pembaca Liputan6.com.

Tak cuma itu, kabar mengenai bahan bakar murah yang bisa menjadi kunci sukses penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia, serta video viral jalanan yang baru diperbaiki kembali rusak akibat dilalui pengendara motor, turut menjadi sorotan pembaca.

Berikut ringkasan artikel terpopuler otomotif yang terangkum dalam top 3 berita hari ini:

1. Operasi Patuh Jaya Digelar 13 Juni, Polisi Tidak Menilang Secara Manual

Untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berkendara, pihak kepolisian kembali menggelar Operasi Patuh Jaya. Razia kendaraan bermotor itu bakal digelar mulai 13 hingga 26 Juni 2022 di beberapa ruas jalan.

Dalam melangsungkan Operasi Patuh Jaya tersebut, berdasarkan penuturan dari Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi, sebagaimana disitat dari laman resmi Korlantas Polri, petugas tidak akan melakukan penindakan dengan cara sistem manual.

"Operasi Patuh 2022 mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dan penegak hukum dengan dua cara, yakni dengan tilang, baik itu tilang elektronik (ETLE) statis dan mobile serta dengan penindakan teguran. Jadi tidak ada pelaksanaan penegakan hukum dengan tilang manual," jelas Eddy, dalam keterangannya.

Selengkapnya baca di sini

2. Bahan Bakar Murah Jadi Kunci Sukses Penerapan Standar Emisi Euro4 di Indonesia

Pemerintah telah memberlakukan standar emisi Euro4 untuk kendaraan diesel yang berlaku mulai 12 April 2022. Sudah dua bulan aturan ini diterapkan di Indonesia, dan pemerintah memiliki beberapa catatan terkait regulasi tersebut.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan, evaluasi yang pertama berhubungan dengan bahan bakar minyak (BBM) untuk mendukung standar emisi Euro4 ini.

"Yang jelas, ini harus ke arah lebih murah (bahan bakar), jangan sampai bahan bakar ini mahal, kasihan konsumen. Purchasing power itu harus disesuaikan, dan bahan bakar mengikuti tren kebutuhan itu," ujar Taufiek, di sela-sela peluncuran Mercedes-Benz Axor Euro4 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (7/6/2022).

Selengkapnya baca di sini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Baru Juga Selesai Dicor, Jalanan Rusak Lagi Gara-Gara Dilalui Pengendara Motor

Entah bagaimana ceritanya, jalanan yang baru saja selesai dicor dan belum kering sepenuhnya, malah dilalui oleh pengendara motor. Alhasil, perbaikan jalan jadi sia-sia dan tak mulus lagi.

Peristiwa itu tersiar melalui video unggahan akun Instagram @majeliskopi08 pada Rabu (8/6/2022).

Para pengendara malah ramai-ramai menerobos jalanan rusak yang baru saja diperbaiki, bahkan cor-nya saja belum kering.

Selengkapnya baca di sini

Infografis Perluasan Ganjil Genap Jakarta di 26 Ruas Jalan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Perluasan Ganjil Genap Jakarta di 26 Ruas Jalan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya