Jaring Talenta Muda, FIM MiniGP Indonesia Series 2022 Bakal Segera Digelar

Oleh Liputan6.com pada 07 Jun 2022, 19:02 WIB
Diperbarui 07 Jun 2022, 19:02 WIB
MiniGP
Perbesar
MiniGP ini merupakan salah satu program ‘Road to MotoGP’ teranyar yang diinisiasi oleh Dorna Sports.

Liputan6.com, Jakarta - FIM MiniGP Indonesia Series 2022 - Road to MotoGP segera bergulir. Kejuaraan motor balap mini ini terdiri dari enam seri yang dijadwalkan mulai Juli hingga September 2022.

Disebutkan, MiniGP ini merupakan salah satu program ‘Road to MotoGP’ teranyar yang diinisiasi oleh Dorna Sports. Tujuannya untuk menjaring talenta-talenta muda dari seluruh dunia secara berjenjang menuju MotoGP.

Program ini diperlombakan di beberapa negara, dengan peserta berusia 10-14 tahun. Mereka bersaing pada tingkat nasional (Nasional Series). Selanjutnya, dua rider terbaik dikirim mengikuti Final Round di Valencia, Spanyol.

Sport Talenta Indonesia (STI) bertindak sebagai selaku Indonesia Official Promoter MiniGP Indonesia Series atau promotor lokal. Mereka dibantu Bekarya Otomotif Sukses (BOS) selaku strategic planner dan tentu dengan dukungan penuh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Kick off FIM Mini GP Indonesia Series 2022 dilakukan oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo bersama Direktur Utama STI, Happy Harinto, Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, Komisaris STI, Rani serta Direktur PT BOS, Djoko Iman Santoso.

"Untuk menghasilkan pembalap-pembalap berkualitas butuh banyak kejuaraan dimulai dari rentang usia belia. Apalagi FIM MiniGP ini sudah memiliki standar Dorna Sports yang sudah berjalan efektif di banyak negara. Kini dengan masuknya FIM MiniGP di Indonesia, tentunya kita berharap bisa muncul banyak bakat dan talenta spesial anak-anak Indonesia yang bisa menembus ajang internasional, tidak terkecuali MotoGP suatu saat nanti," jelas Bambang Soesatyo dalam Launching FIM MiniGP Indonesia Series di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Junior World Championship ini memberi kesempatan kepada talenta-talenta muda dari seluruh dunia untuk bersaing dan bertanding secara ketat di negaranya masing-masing agar dapat menembus Line Up di MotoGP.

Selain Indonesia, balap motor ini juga bergulir di Perancis, Irlandia, Portugal, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Serikat, Qatar, Spanyol, dan Inggris.

“MiniGP World Series adalah program dari Dorna Sports yang diperlombakan di beberapa negara. Saat ini hampir kurang lebih 17 negara. Mereka yang ikut adalah (pembalap) usia 10 sampai 14 tahun, yang notabene banyak anak Indonesia yang berlomba di rentang umur ini,” kata Direktur Utama STI Happy Harinto dalam konferensi pers di Black Stone Garage, Jakarta, Jumat (3/6/2022).

“Tujuan FIM MiniGP Indonesia Series yakni menjaring pembalap muda Indonesia yang selama ini mungkin mimpinya ke MotoGP masih jauh. Tetapi di sinilah IMI bekerja sama dengan para promotor berusaha untuk bisa menghadirkan FIM MiniGP Series ke Indonesia,” katanya.

FIM MiniGP Indonesia Series 2022 terdiri dari enam putaran. Seri pertama dimulai pada 16 Juli 2022 dan ditutup pada 25 September 2022. Untuk tahun pertama MiniGP Indonesia Series, sudah ada 35 peserta yang mendaftar. Mereka akan diseleksi menjadi 15 orang, yang nantinya saling bersaing.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berlangsung di Sentul International Karting Circuit

Seluruh race untuk tahun ini diselenggarakan di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat. Bukan tanpa alasan, lintasan sepanjang 1.050 meter tersebut dipilih jadi venue pada musim debut.

“Untuk tahun pertama memang hanya kami lakukan di Sentul. Kenapa Sentul yang dipilih? Karena memang memiliki semua fasilitas yang distandarkan,” tutur Direktur Utama STI, Happy Harinto.

Ia menambahkan bahwa ada rencana memperluas jangkauan penyelenggaraan MiniGP Series Indonesia tahun-tahun berikutnya. Karena itu, ia berharap daerah lain bisa mulai mempersiapkan diri.

“Nantinya, karena Indonesia adalah archipelago atau negara kepulauan, sangat luas, MiniGP Series tidak hanya dilangsungkan di Sentul. Mudah-mudahan daerah-daerah lain juga bisa menyusul punya trek seperti Sentul,” kata Happy.

Sekadar informasi, dalam kurun waktu 20 tahun, FIM MiniGP telah melahirkan lebih dari 525 rider. Beberapa nama besar jebolan kejuaraan ini antara lain Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, Dani Pedrosa, Alex Marquez, Maverick Vinales, Joan Mir, dan masih banyak rider hebat lainya.

Para pembalap muda ini belajar menjadi pembalap professional sejak usia muda, baik memahami peraturan, pengembangan skill maupun attitude dalam balap.

Kejuaraan ini merupakan bagian dari program “Road to MotoGP” yang mana pesertanya dapat memiliki jenjang menuju MotoGP. Para Juara juga akan mendapatkan kesempatan untuk masuk dalam ekosistim MotoGP, seperti ATC (Asia Talent Cup), Red Bull Rookies, FIM CEV Repsol dan sebagainya.

Indonesia juga dipastikan mengirimkan 2 rider terbaiknya untuk mengikuti final di Valencia tahun ini, yang berlangsung bersamaan dengan penutupan musim MotoGP 2022 di Valencia, Spanyol.

Sumber: Oto.com

Infografis Dugaan Banyak Crazy Rich di Pusaran Cuci Uang Investasi Bodong. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Dugaan Banyak Crazy Rich di Pusaran Cuci Uang Investasi Bodong. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya