Sukses

Nissan Berharap Bisa Jual Mobil Listrik Murahnya di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Nissan telah menjual mobil listrik mungil murahnya yang bernama Sakura untuk pasar Jepang. Model ini, memiliki banderol cukup terjangkau, sekitar 1,78 juta yen atau setara dengan Rp 204 jutaan setelah dipotong subsidi.

Setelah meluncur di Negeri Matahari Terbit, kemungkinan besar mobil listrik mungil ini juga akan dipasarkan di berbagai negara lainnya. Lalu, bagaiamana peluang Nissan Sakura ini mengaspal di Indonesia?

Direktur Sales dan Marketing, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), Tan Kim Piauw menjelaskan pihaknya berharap bisa menjual mobil listrik tersebut ke Tanah Air. Namun, untuk waktunya sendiri belum bisa diungkapkan lebih detail.

"Itu salah satu harapan kita. Mudah-mudahan, karena Nissan Indonesia juga mendukung pemerintah menuju elektrifikasi," jelas Tan, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tan melanjutkan, Nissan akan membawa banyak model kendaraan listrik di Indonesia, dengan berbagai teknologi seperti e-power seperti Kicks atau baterai murni, yaitu Leaf.

"Salah satunya sangat memungkinkan juga Sakura ini. Tapi, memang perlu waktu, karena baru launching di Jepang. Kita masih bicarakan dengan mereka (prinsipal)," tegasnya.

Sebagai informasi, Nissan Sakura ini hadir dengan tiga varian berbeda, yaitu S, X dan G. Untuk daya jangkaunya akan bisa menempuh hingga 180 km.

Mobil ini akan dipersenjatai motor listrik berdaya 47 kw yang juga digunakan oleh Nissan Leaf. Dengan spesifikasi tersebut, mobil mungil ini mampu mengembuskan torsi hingga 195 Nm.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru Diperkenalkan, All-New Nissan Z Langsung Jadi Safety Car Super GT di Sirkuit Suzuka

All-New Nissan Z telah diperkenalkan Nissan Motor Co pada Kamis 26 Mei. Mobil sedan sport itu akan melangsungkan debutnya di Sirkuit Suzuka pada Minggu (29/5/2022) sebagai safety car dalam ajang balap mobil Super GT.

"Tahun ini kami mulai bersaing di Super GT dengan Nissan Z GT500. Sekarang Nissan Z akan mendukung keselamatan pada seri itu," tutur Takao Katagiri, President Nissan Motorsports & Customizing dalam keterang persnya.

Ia menjelaskan, All-New Nissan Z yang dikustomisasi menjadi safety car merupakan cara Nissan untuk terus mengenalkan model Z yang dinilai memiliki basis penggemar tersendiri, yakni kalangan muda yang menyukai sport atau balap.

Mobil berdesain sedan sport itu menggunakan mesin VR30DDTT 3.0 L V-6 Twin Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 400HP dengan torsi 350/5.600rpm.

All-New Nissan Z tersedia dalam dua opsi transmisi, 6-speed manual atau 9-speed automatic with paddle shift, diperkuat mekanisme rem cakram double piston pada depan dan single piston pada rem belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.